Ribuan PNS Pemprov Papua Tak Ikut Apel Pasca Libur Lebaran

JAYAPURA (IndependensI.com) – Sebanyak  1.494 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Provinsi Papua absen alias tidak hadir tanpa keterangan yang sah pada apel perdana bulan Juli dan hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran 1 Syawal 1438 H, Senin (3/7/2017).

Dari daftar absensi sebanyak 5.585 dari total 7.500 pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua yang mengikuti apel gabungan di halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

Sisanya  1.915 pegawai yang tidak hadir, dan 1.495 di antaranya diketahui tidak ikut apel tanpa keterangan.  Sedangkan 420 lainnya terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak hadir apel karena sakit, izin hingga tugas belajar.

Menanggapi hal itu Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen menegaskan apel gabungan ini digelar untuk memulai kembali secara bersama-sama aktifitas, tanggung jawab dan tugas pokok ASN sebagai pelayan masyarakat usai libur panjang.

“Tingkat kehadiran ASN usai libur panjang ini sangat signifikan, meskipun demikian kami berencana untuk menggelar apel yang harus dihadiri semua pegawai tanpa terkecuali, sehingga bisa mengetahui kekuatan pegawai seperti apa,” katanya.

Dia mengakui, pihaknya sudah nengingatkan agar usai libur atau cuti bersama, pegawai harus langsung masuk kerja. Namun tetap saja masih ada yang tidak hadir tanpa keterangan.

Untuk itu selaku pimpinan birokrasi tertinggi, Sekda memberikan instruksi kepada pimpinan SKPD untuk mengontrol stafnya dan mengingatkan agar disiplin.

“Masing-masing pimpinan SKPD harus memanggil dan mendata stafnya dan  membuat laporan tertulis yakni nama-nama pegawai yang tidak hadir apel, alasannya apa. Apakah terlambat atau memang tidak ada dan lain sebagainya,”katanya.

Dijelaskannya lagi dalam kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Lukas Enembe-Klemen Tinal yang memasuki tahun kelima ini, ASN diimbau untuk terus menjaga kebersamaan, saling mengingatkan satu sama lain, menjaga persatuan juga kesatuan dalam melaksanakan tugas-tugas kedinasannya.

“Selaku pimpinan birokrasi, kami mengimbau kepada seluruh pegawai untuk tetap semangat terus dalam melaksanakan aktiftas, tugas serta tanggung jawab yang terstruktur dalam tugas pokok dan tanggung jawab masing-masing,”tandasnya. (Odeodata h Julia)

Suasana apel pagi ASN di lingkup Pemprov Papua, Senin (3/7/2017)