Head of Corporate and Marketing Comunication OT Group Harianus I. Zebua (kiri), Kapten Sail Vega Shane Grange (tengah) bersama istrinya Maggie Macoun (kanan) saat peluncuran program "Formula-Sail Vega Atasi Permasalahan Gigi dan Mulut di Pulau Terpencil Indonesia timur" di Pantai Mutiara, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Formula Donasikan Ribuan Sikat Gigi ke Pulau Terpencil

JAKARTA (IndependensI.com) –Kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia merupakan salah satu kendala untuk menjangkau masyarakat khususnya dalam hal pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Wajar  jika di pulau-pulau terpencil di kawasan Indonesia timur masih ditemukan masyarakat yang minim pengetahuannya tentang cara perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Berdasarkan data yang diperoleh, masih ada yang belum mengenal sikat gigi. Apalagi   dijangkau oleh pelayanan tenaga medis kesehatan gigi.” Fakta memprihatinkan ini yang telah mendorong Formula, sebagai merek sikat gigi nomor 1 di Indonesia untuk terus mendukung aksi sosial kemanusiaan kapal Sail Vega sejak tahun 2015, dengan memberikan bantuan berupa sikat gigi kepada masyarakat yang mendiami pulau-pulau terpencil tersebut, ” kata Harianus I. Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group, di sela-sela acara penyerahan donasi produk Formula kepada masyarakat di kepulauan terpencil Indonesia Timur melalui kapal Sail Vega, Rabu (6/7/2017).

Melalui program Corporate Social Responsibility, OT Group mendonasikan ribuan sikat gigi untuk masyarakat di pulau terpencil. Masih banyak warga yang belum mengenal sikat gigi, apalagi perawatan gigi dan mulut. “Untuk itu, perlu sosialisasi yang gencar kepada masyarakat di daerah terpencil tentang arti penting kesehatan gigi dan mulut,” kata Harianus.

Apa yang ditemukan oleh Kapten kapal layar Sail Vega, Shane Granger dan istrinya Maggie Macoun , lanjutnya, tidak jauh berbeda kenyataannya dari hasil Riskesdas yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2013. Angka prevalensi permasalahan gigi dan mulut di masyarakat Maluku dan Nusa Tenggara Barat, termasuk pulau di wilayah Laut Banda cukup memprihatinkan. Yaitu sebesar 27%, artinya satu dari empat penduduk di kawasan tersebut mengalami masalah gigi dan mulut.

“Sejak tahun 2004 kami telah menjalankan aksi sosial kemanusiaan dengan membawa bantuan berupa alat-alat sekolah, kesehatan, peraga pendidikan ke sejumlah pulau-pulau terpencil khususnya di kawasan timur Indonesia yang sulit dijangkau dengan moda transportasi umum. Kami secara rutin mengunjungi 18 pulau dan 34 komunitas. Sangat sulit menemukan tenaga medis kesehatan gigi di pulau-pulau tersebut. Hal ini menyebabkan masyarakat memiliki pengetahuan dan kesadaran perawatan kesehatan gigi dan mulut yang rendah. Bahkan ada masyarakat di sana yang belum mengenal sikat gigi,” tutur Shane Granger.

Formula, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), Formula Untuk Indonesia, menaruh perhatian dan kepedulian yang besar terhadap kondisi memprihatinkan tersebut. “Formula merupakan merek produk perawatan gigi dan mulut asli Indonesia. Formula telah banyak melakukan aksi sosial baik berupa edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut maupun pemberian donasi dalam bentuk produk. Aksi sosial yang dijalankan oleh kapal Sail Vega mendukung misi Formula Untuk Indonesia, yaitu membantu mengatasi permasalahan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia,” kata Harianus.

Formula sejak tahun 2015 telah mendukung misi kapal Sail Vega. “Tahun 2017 adalah tahun ke-3 Formula memberikan donasi berupa produk sikat gigi melalui kapal Sail Vega. Tahun ini kami memberikan bantuan sejumlah 3.000 paket sikat gigi, yang akan dibagikan kepada masyarakat di pulau-pulau terpencil di kawasan Indonesia timur yang dilewati oleh kapal Sail Vega,” tambah Harianus. “Semoga melalui kerjasama ini Formula dan kapal Sail Vega dapat berkontribusi menurunkan angka masalah kesehatan gigi dan mulut di wilayah tersebut dan secara umum berdampak bagi perbaikan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia Timur,” tambah Harianus. (Tyo Pribadi)