Polisi Siagakan 10.000 Personel Amankan Aksi “287”

JAKARTA (Independensi.com) – Sebanyak 100 personel kepolisian membantu mengamankan Mahkamah Konstitusi (MK) saat aksi “287” digelar di depan Istana Merdeka dan Gedung MK. “Pengamanan di MK terdiri dari pengamanan internal dan di ‘back up’ 100 personel kepolisian,” ujar juru bicara MK Fajar Laksono di Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Aksi ini digelar oleh Presidium Alumni aksi “212” yang menolak Perppu 2 Tahun 2017 yang mengatur Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas). Presidium Alumni “212” ini sebelumnya menyatakan akan mengawal sejumlah ormas yang akan mengajukan peninjauan kembali atau judicial review Perppu Ormas di MK.

MK sendiri menyatakan akan menerima perwakilan pengunjuk rasa yang ingin menyampaikan aspirasinya. “Jika ada yang ke MK menyampaikan aspirasi, perwakilan MK pun akan terbuka menerima,” kata Fajar.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menyatakan jumlah petugas yang akan mengamankan aksi demo mencapai 10.000 personel. Pengamanan juga menurut Kombes Argo meliputi obyek vital di sepanjang jalan yang dilalui massa pengunjuk rasa sekitar Jakarta Pusat.

Argo menambahkan pihak kepolisian juga akan memfasilitasi sejumlah perwakilan pengunjuk rasa untuk menemui pejabat MK.