Los Angeles Hanya Akan Gunakan Armada Bus Listrik

JAKARTA (IndependensI.com) – Los Angeles terkenal sebagai kota tersibuk di Amerika Serikat. Lalu lintas kendaraannya yang padat membuat kota itu dicemari kabut asap yang tebal dari emisi kendaraan bermotor.

Untuk mengurangi polusi, pemerintah LA hanya akan mengganti bus kota konvensional dengan armada yang sepenuhnya terdiri atas bus listrik. Rencana itu diharapkan bisa tercapai pada 2030.

Pemerintah kota metropolitan itu menganggarkan dana sekitar US$1 miliar untuk membeli 2.200 unit bus baru listrik dalam periode 10 tahun ke depan.

“Keputusan yang disepakati hari ini mencerminkan besarnya investasi untuk menciptakan Los Angeles yang sehat dan makmur,” kata salah satu anggota Dewan Metro Los Angeles, Hilda Solis, seperti dikutip AFP, Jumat (28/7/2017).

Inggris Akan Larang Penjualan Mobil Bensin dan Solar

Armada bus kota LA yang beroperasi saat ini menggunakan bahan bakar gas terkompresi (CNG). Bus itu dianggap paling ramah lingkungan ketika dibeli pada 1990an.

Koalisi produsen dan distributor CNG sempat menyatakan tidak setuju dengan penggantian armada bus ini. Kelompok itu berpendapat bahwa teknologi bus listrik belum dapat diandalkan.

Pemerintah Negaa Bagian California antusias melawan emisi karbon meski bertentangan dengan kebijakan Presiden Donald Trump. Tidak lama setelah masuk Gedung Putih, Trump membatalkan legislasi tentang emisi karbon yang dicetuskan pendahulunya, Barack Obama. Trump juga membatalkan partisipasi AS dari perjanjian iklim di Paris pada Juni lalu.