Wali Kota Depok Mohammad Idris membawa Piala Adipura dalam pawai keliling Kota Depok, Rabu (2/8/2017).

Masyarakat Depok Berperan Raih Adipura

DEPOK (IndependensI.com) – Kota Depok untuk pertama kalinya meraih Piala Adipura. Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras pemerintah kota, aktivis lingkungan hidup, dan masyarakat kota di pinggiran Jakarta itu.

“Adipura raihan seluruh komponen masyarakat, kita hanya fasilitasi saja. Ini kebanggaan bagi kami, bagaimana kebersamaan menangani kebersihan tidak hanya sampah. Tapi, juga infrastruktur dan kesertaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan,” kata Idris usai pawai Piala Adipura ke beberapa wilayah Kota Depok, Rabu (2/8/2017).

Menurut dia piagam Adipura dulu pernah diraih Kota Depok sekitar tahun 2009, namun pialanya baru tahun ini mampu diraih. Dengan keberhasilan ini, Mohammad Idris menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Depok yang telah sadar dalam memilah dan membuang sampah, serta menjaga keindahan Kota Depok.

“Prestasi tingkat nasional ini patut kita syukuri. Untuk itu, sengaja kami adakan arak-arakan Piala Adipura, sebagai wujud terima kasih kita kepada masyarakat Kota Depok selama ini,” kata Wali Kota.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Depok, Sri Utami mengatakan Piala Adipura menjadi hadiah terindah bagi semua pihak khususnya warga yang setia dalam menjaga dan merawat lingkungan.

Apalagi, bagi masyarakat yang aktif dan peduli dengan keberadaan bank sampah sebagai upaya membantu mengolah sampah, sehingga mengurangi tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

“Berkat kerja cerdas, kerja keras dan keikhlasan mereka yang luar biasa menjaga kota ini tetap bersih,” katanya.

Sri Utami menjelaskan, Piala Adipura bukan simbol kesempurnaan dimana Kota Depok bersih dan bebas sampah, melainkan sebagai pemicu agar dapat semakin giat dan semangat menuntaskan masalah lingkungan khususnya sampah.

Dirinya berharap, dengan peraihan Piala Adipura, semakin banyak warga yang menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Untuk warga yang masih sering membuang sampah sembarangan, semoga dapat segera menyadari dan menghentikan perilaku tersebut dan segera bergabung dengan bank sampah agar mendapat solusi atas masalah sampah tersebut,” harapnya.

Kota Depok mendapat Piala Adipura bersama 25 kota/kabupaten lainnya di Indonesia antara lain, Kota Semarang, Kota Bandung, Kota Padang, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Cimahi, Surakarta, Yogyakarta, Tulungagung, dan Madiun. Sedangkan untuk Adipura Kencana diraih oleh Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Malang, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Jombang.