Usain Bolt (Istimewa)

Kekayaan Usain Bolt 45 Juta Pound

LONDON (IndependensI.com) – Legenda atletik asal Jamaika, Usain Bolt boleh berbangga dengan basis kekayaan yang menembus angka 45 juta pound sterling atau setara dengan Rp 794 Miliar. Tercatat pula bila Bolt menuai sukses di suatu gelaran atletik kelas dunia, diganjar pemasukan total sebesar 1,7 pound sterling. Itu hasil dari bayaran pertandingan, uang tampil, termasuk bayaran dari sejumlah sponsor yang menaunginya.

Pria berjuluk “Manusia Tercepat di Dunia” ini diperkirakan menjadi atlet ke-23 yang memiliki raihan penghasilan tertinggi. Bahkan majalah Forbes menempatkan pelari kelahiran Sherwood, Jamaika, 21 Agustus 1986 di tangga ke-88 sebagai selebritas terkaya di dunia.

Bolt berhasil menancapkan namanya pada jajaran 100 atlet bintang papan atas dan sedikitnya 20 kali menuai sukses di atas rata-rata pelari sprint kelas dunia. Dari data yang ada, seorang atlet tangguh Amerika Serikat mengumpulkan sekitar 12.780 pound sterling setahun. Sedangkan untuk Bolt sekali saja juara sudah diganjar puluhan ribu pound sterling. Saat mencatat kemenangan di ajang Samsung Diamond League, Bolt menerima 31.000 pound sterling, dimana uang tersebut di atas rata-rata penghasilan seorang atlet di dunia. Sungguh sebuah penghasilan yang sulit dicapai seorang atlet dunia untuk sementara ini.

Pelari bernama lengkap Usain St. Leo Bolt ini mengalami puncak karier pada 2013 dimana dirinya menjadi selebritas dunia ke-48 yang menuai penghasilan tertinggi. Kala itu, dia sudah menyabet uang sekitar 3.100.000 pound sterling setahun sebagai global brand ambassador Puma. Adapun kontrak dengan Puma hingga 2015. Pundi-pundi uangnya semakin menggunung dengan pemasukan dari sponsor seperti Gatorade, Hublot, Virgin Media, Visa, dan Nissan Motors.

Seorang pelari sprint muda asal Inggris, Jodie Williams yang punya julukan “Moneylegs”, menjadi saingan terdekatnya baik dari prestasi maupun penghasilan. Namun, Bolt yang punya sebutan “Si Kaki Emas” itu lebih hebat ternyata. Tak ada atlet di dunia ini yang memiliki kemampuan dan keberuntungan secerah Bolt. Seperti dikutip dari The Telegraph, untuk kemenangan di ajang Diamond League yang tak sampai 10 detik itu, Bolt menerima 8.000 pound sterling. Sedangkan pesepakbola dunia Cristiano Ronaldo perlu sekitar empat setengah jam bermain bola untuk mendapatkan dana yang setara. Bolt sudah melakukan hal tersebut sebanyak 23 kali dan mencatat sukses keseluruhan di ajang Diamond League Race. Dia meraih total 210.000 pound sterling.

Sebuah medali emas di ajang IAAF World Championships bernilai 46.500 pound sterling, medali perak 23,000 pound dan memecahkan rekor dunia mendapat 77.500 pound sterling. Bolt tak pernah meraih medali perunggu dan medali perak pun hanya satu kali. Total raihannya, 11 medali emas, satu medali perak dan dua kali pecahkan rekor dunia di nomor perseorangan serta dan dua rekor dunia di nomor beregu. Hadiah uang yang diraih sebesar 728.250 pound sterling. Fantastis. Padahal, atlet Jamaika tidak menerima uang tatkala juara di Olimpiade maupun ajang Commonwealth.

Selain itu, uang tampil yang diterima Bolt cukup tinggi. Dia mendapatkan sedikitnya 270.000 pound sterling untuk sekali tampil dalam kejuaraan kelas dunia. Seandainya dihitung saat  berlari pada panjang lintasan 100 meter selama 10 detik, Bolt mencatat 27.000 pound per detik atau sekitar Rp 476 juta.