Menteri LHK : Pramuka Garda Terdepan Pelestarian Lingkungan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kamis, 3 Agustus 2017 membuka kegiatan Kemah Generasi Lingkungan terkait dengan pelestarian lingkungan. Kegiatan bertajuk  “Menyatu dengan Alam” pada Puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 tersebut dimeriahkan  500 pramuka dari sekolah Adiwiyata.

Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi tersebut mulai tanggal 1-2 Agustus 2017 dilaksanakan di Kompleks Manggala Wanabakti, Jakarta. Mengawali pembukaan acara HLH tahun 2017 di Jakarta (2/8/2017), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menyampaikan rasa bangga dengan partisipasi aktif 18 sekolah Adiwiyata dalam mengikuti kemah ini.

“Kegiatan Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi merupakan bagian dari langkah pendidikan bidang lingkungan, mulai dari anak sekolah dan pramuka. Kemah Generasi Lingkungan ini diisi oleh Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru, dengan kegiatan antara lain pendidikan pengurangan sampah, pemanfaatandan daur ulang, serta pembelajaran tentang konservasi satwa dan tumbuhan serta taman nasional dan konservasi laut”, kata Siti Nurbaya.

Peserta kemah ini adalah pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mahasiswa anggota Pramuka Tingkat, Penggalang, Penegak dan Pandega. Tujuan kemah ini  untuk membangun generasi lingkungan melalui peningkatan kepribadian, kedisiplinan, keterampilan, kepemimpinan, jiwa gotong royong serta rasa cinta terhadap lingkungan dan kelestarian alam.

Peserta juga diharapkan dapat menjadi pribadi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, dengan keadaran untuk memelihara dan melestarikan konservasi alam. Dari jumlah 21 juta pramuka di Indonesia, ditargetkan 50.000 diantaranya menjadi pramuka Saka Kalpataru (Saka Lingkungan Hidup), dan Saka Wanabakti (Saka Kehutanan) yang akan menjadi agen perubahan dalam membangun generasi lingkungan.

Menutup kegiatan Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi di Jakarta (02/03/2017), Ketua Panitia Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi, Sumarto, menegaskan bahwa Pramuka adalah agen pelestarian lingkungan. “Kita mengajak mereka untuk cinta lingkungan, cinta alam, Pramuka adalah garda terdepan pelestarian alam dan pelestarian lingkungan”,kata Sumarto. (effatha tamburian)