Foto bertanggal 26 April 2017 ini memperlihatkan Didier Zokora (kanan) berlatih bersama Semen Padang di Padang, Sumatera Barat.

Gagal Dapat Sponsor, Semen Padang Lepas Mantan Pemain Spurs

JAKARTA (IndependensI.com) – Semen Padang memecat mantan pemain Tottenham Hotspur, Didier Zokora, Rabu (9/8/2017). Gelandang asal Pantai Gading itu baru menjadi pemain asing bernama besar kedua yang tercoret dari Liga 1 dalam satu pekan.

Zokora menandatangani kontrak dengan Semen Padang sekitar empat bulan lalu. Manajer klub, Win Bernadino, mengatakan kontrak tersebut diputus pada 2 Agustus 2017 lalu karena alasan finansial.

Pekan lalu, Persib Bandung memecat mantan penyerang West Ham United dan Chelsea, Carlton Cole. Manajemen klub mengambil keputusan tersebut setelah Cole gagal bikin gol selama memperkuat “Maung Bandung”.

Bernadino mengatakan Zokora sudah bermain bagus. Tapi Semen Padang kehilangan sponsor utama sebelum paruh kedua Liga 1.

“Kita membicarakan tentang klub, keadaan keuangan klub. Inilah cara paling masuk akal untuk menyelamatkan klub,” kata Bernadino.

Zokora berpamitan dengan Semen Padang dan penggemarnya lewat media sosial.

“Terima kasih untuk semuanya. Saya tidak akan pernah melupakan kalian,” cuitnya di Twitter.

Liga sepakbola profesional Indonesia bergulir lagi mulai 2017 setelah kena skorsing oleh FIFA. Kompetisi terhenti pada 2015 karena sengketa antara pemerintah dan PSSI, yang disusul dengan skorsing satu tahun.

Sejumlah nama besar, termasuk mantan pemain Chelsea, Michael Essien, dan bekas pemain depan Stoke City, Peter Odemwingie, bergabung dengan klub di Indonesia di awal musim.