Logo SEA Games 2017 (Dok/Ist)

Hendro Pecahkan Rekor 18 Tahun 

KUALA LUMPUR (IndependensI.com) – Atlet jalan cepat Indonesia Hendro Yap sukses meraih medali emas pertama cabang atletik untuk Indonesia setelah finish tercepat dalam perlombaan jalan cepat 20.000 meter SEA Games 2017 yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8).

Atlet jalan cepat Indonesia berusia 26 tahun ini juga memecahkan rekor SEA Games dengan catatan waktu 1 jam 32 menit 11 detik. Rekor ini mengalahkan rekor SEA Games terdahulu, yakni 1 jam 33 menit 47 detik. Atlet asal Jawa Barat ini boleh berbangga atas prestasinya di Malaysia. Ia memecahkan rekor yang selama ini belum pernah terpecahkan selama 18 tahun atau sejak SEA Games 1999.

“Saya sungguh bangga apalagi persiapan saya kurang matang dan hanya dua bulan. Tapi, ini kehendak Tuhan dan doa-doa dari masyarakat Indonesia yang sempat kemarin merasa dicela dan dihina,” kata Hendro seperti dikutip dari Antara. Hendro meraih medali emas mengalahkan dua atlet tuan rumah Malaysia Lo Choon Sieng yang mendapatkan medali perak dan M. Khairil Harith H yang meraih medali perunggu.

Lebih jauh Hendro mengaku, dirinya sempat kesulitan dalam perlombaan melawan dua atlet tuan rumah itu karena masih trauma akan cidera pada lintasan atletik. “Semua berkat dukungan teman-teman atlet dan pelatih. Saya sempat sangat dekat dengan urutan kedua pada 10 lap terakhir. Saya terus berjuang agar kerja keras saya tidak sia-sia,” kata Hendro. Dia menargetkan medali emas ketiganya dalam SEA Games itu karena belum mengetahui apakah masih dipercaya kontingen untuk turun pada Asian Games 2018 di Jakarta.

“Jika tahun depan saya tidak mendapatkan kepercayaan untuk turun, saya akan kembali ke Spanyol dan melanjutkan kuliah saya,” katanya. Selain nomor jalan cepat 20.000 meter, tim atletik Indonesia masih akan mengikuti perlombaan final nomor lari 100 meter putra dan lari gawang 400 meter putra.