Kepala Diskominfo dan Persandian Kota Bekasi Titi Masrifahati. (foto:jonder sihotang)

1.000 Wifi Dipasang di Tempat Umum di Kota Bekasi

BEKASI (IndependensI.com) – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Pemkot Bekasi, mengalokasikan anggaran Rp 1,5 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017, untuk pemasangan jaringan wifi di tempat- tempat umum. Setidaknya ada 1.000 titik wifi yang dipasang di sejumlah lokasi keramaian publik, ungkap Kepala Diskominfosandi Kota Bekasi Titi Masrifahati, kemarin.

Pengadaan titik wifi tersebut katanya dikerjasamakan dengan PT Telkom.
“Kerja sama dengan Telkom sudah kami jalin beberapa waktu lalu, tinggal realisasi pemasangan di titik-titik yang belum terjangkau,” katanya.

Adapun lokasi pemasangan wifi akan diupayakan merata di 12 kecamatan serta 56 kelurahan se Kota Bekasi. Lokasi-lokasi keramaian publik, menjadi prioritas utama pemasangan. Tujuannya untuk dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Dengan demikian, kehadiran wifi tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh warga yang biasa berkegiatan di lokasi tersebut,” katanya.

Pemasangan bisa di kantor-kantor instansi, ruang terbuka hijau, serta taman-taman. Pemasangan di taman merupakan bentuk sinergis konsep Smart City dengan program seribu taman yang saat ini tengah digencarkan Pemerintah Kota Bekasi.

Ia menyebutkan, dari 1.000 titik yang dipasang, sebanyak 700 diantaranya tidak dikenai biaya operasional bulanan karena merupakan salah satu bentuk program dana pertanggungjawaban sosial perusahaan. Namun 300 sisanya, operasionalnya diambil dari keuangan daerah.

Diperkirakan kalkulasi dalam setahun, biaya operasional 300 titik wifi tersebut mencapai Rp 1,5 miliar. Saat ini, keberadaan wifi sudah dapat diakses masyarakat seputar pusat kantor Pemkot Bekasi dan di taman Alun- alun Jalan Juanda dan jalan Pramuka. (jonder sihotang)