Erick Thohir. (Dok/Ist)

Suvenir Asian Games Siap Dijual

JAKARTA (IndependensI.com) – Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 akan mulai menjual berbagai suvenir terkait pesta multi-cabang olahraga tingkat Asia ke-18 itu pada Oktober 2017 menyusul pembukaan sukarelawan pada bulan September ini.

“Kami tidak mengadakan lelang terbuka untuk penyediaan suvenir dan tiket. Kami justru dibayar dan terima bersih soal desainnya,” kata Ketua INASGOC Erick Thohir seperti dikutip dari Antara, Senin (18/9). INASGOC, lanjut Erick, akan mendapatkan tambahan pendapatan sekitar 15 persen dari penjualan cendera mata Asian Games 2018.

Meskipun belum memberikan rincian jenis cendera mata resmi Asian Games, Erick mengatakan penjualan suvenir itu merupakan salah satu sumber pendapatan INASGOC selain penjualan tiket dan sponsor. “Kami akan mulai menyiapkan tiket Asian Games pada Desember nanti,” ujar Erick.

Selain penyiapan sumber pendapatan melalui penjualan suvenir dan penyiapan tiket, INASGOC juga akan memulai kampanye iklan Asian Games di stasiun-stasiun televisi di Indonesia mulai Oktober hingga Agustus 2018. “Iklan televisi itu akan mendukung kampanye kami berupa pemasangan logo Asian Games di jalanan Jakarta dan Palembang,” jelas Erick. Meskipun kampanye Asian Games 2018 akan semakin gencar pada Oktober 2017, Erick mengaku telah dibantu instansi pemerintah dan badan-badan usaha milik negara untuk mengampanyekan Asian Games di gedung-gedung pemerintahan maupun moda transportasi BUMN.

Sebelumnya, INASGOC memerlukan 2.000 tenaga sukarelawan berusia 18-40 tahun untuk penyelenggaraan kejuaran uji coba pada Februari 2018 melalui situs resmi volunteer.asiangames2018.id. Para sukarelawan itu akan terbagi dalam empat kategori tugas yaitu asisten protokoler yang akan mendampingi tamu-tamu asing yang penting, pendamping delegasi negara-negara peserta Asian Games termasuk ofisial dan atlet, penghubung antarlembaga, dan tugas-tugas umum di lapangan.

Koordinator Departemen Sukarelawan dan Sumber Daya Manusia INASGOC Pusparani Hakim mengatakan pendaftaran sukarelawan untuk kejuaraan uji coba pada Februari 2018 akan dibuka pada Senin (18/9) hingga 23 Oktober 2017.