Ridwan Kamil Inisiator Penggalangan Donasi Korban Banjir Garut

GARUT (IndependensI.com) – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang juga inisiator penggalangan donasi untuk korban banjir bandang Garut hari ini menghadiri peresmian Rumah Rakyat Ramah Lingkungan (RURAL), yang dibangun Dompet Dhuafa dengan menggabungkan dua teknologi tepat guna dalam pembangunannya.

RURAL, menggunakan teknologi RISHA (Rumah Instan Sehat Sederhana) dari Indocement yang dipadukan dengan teknologi pengolahan limbah melalui biodigester, yang kemudian disalurkan kembali ke setiap rumah dalam bentuk energi terbarukan.

Mendukung aksi sosial ini, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, turut menggalang bantuan untuk korban banjir bandang Kabupaten Garut melalui media sosial dan kanal kitabisa.com, yang kemudian disalurkan melalui kerjasama tematik Dompet Dhuafa.

“Pembangunan rumah ni adalah hasil pengumpulan dana dari internet, yang dikerjakan olwhDompet Dhuafa yang sudah berpengalaman,” tutur Ridwan Kamil, Kamis (21/9/2017)

RURAL yang dibangun merupakan rumah tipe 36. Total unit yang diamanahkan Pemerintah Kabupaten Garut kepada Dompet Dhuafa sebanyak 30 unit, dan 11 unit diantaranya merupakan sumbangan dari netizen.

“RURAL ini dibangun dengan konsep Preveb, jadi pondasi di bangun lebih dulu. Sehingga sisa bangunan lainnya tinggal di susun seperti lego, dan dikombinasikan dengan pengolahan limbah menjadi sumber energi terbarukan,” tambah Ridwan Kamil.

Pada Kamis (21/9/2017), RURAL berteknologi RISHA ini diresmikan dan diserahkan secara simbolis kepada warga terdampak banjir bandang yang akan direlokasi ke kawasan tersebut.

Peresmian dan penyerahan secara simbolis dilaksanakan langsung oleh Yudha Abadi, selaku Direktur Program Dompet Dhuafa Filantropi, selaku perwakilan dari Dompet Dhuafa, dan juga Ridwan Kamil, selaku inisiator penghimpun dana untuk recovery banjir bandang Garut melalui kanal digital, kepada Wakil Bupati Garut dr. Helmy Budiman.

Dana yang terhimpun merupakan bantuan dari 3.235 netizen, dengan nominal uang sebesar Rp 1.070.301.490,-. dengan rincian penyalurannya adalah: Rp 118.127.636,- diperuntukkan membangun fasilitas umum korban banjir dan longsor Sumedang, Rp 882.363.854,- untuk pembangunan RURAL dan Rp 69.810.000,- untuk pendampingan pemberdayaan ekonomi korban banjir Garut.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh donatur Dompet Dhuafa yang telah mendukung dan mensukseskan program ini. Tentunya terima kasih kami haturkan kepada Kang Emil yang mendukung program ini melalui penggalangan donasi di kanal digital dan sosial media. Tentunya pembangunan RURAL dan juga program pendukung lainnya sangat bermanfaat untuk pemulihan banjir bandang yang melanda Garut tahun lalu,” ungkap Yudha Abadi, di sela peresmian RURAL. (Putra)