Rafael Nadal. (Dok/Ist)

Nadal Diselamatkan “Passion” dan Cedera

BEIJING (IndependensI.com) – Banyak orang ingin tahu, apa kunci sukses seorang pRafael Nadal di kancah tenis dunia ? Kunci sukses petenis berambut ikal asal Spanyol ini ternyata hanya passion pada profesinya sebagai petenis dan cedera. Ya, keduanyalah yang membawa Rafael Nadal Parera, nama lengkapnya, untuk bisa bertahan sebagai petenis juara di lapangan apapun.

Usai mencatat sukses di US Open dan menjadi petenis nomor satu dunia, banyak cedera yang menghiasi tubuh petenis kelahiran Manacor, Spanyol, 3 Juni 1986 ini. Mulai dari cedera lutut, masalah kesehatan hingga cedera pergelangan tangan kiri yang kerap menghantui performa dan prestasinya. Bulan Oktober tahun lalu, Nadal harus mengakhiri penampilannya. Lagi-lagi karena cedera tangan kiri yang tak kunjung sembuh. Maklum, petenis berbasis kidal ini kerap mengindahkan saran dokter dan trainer-nya untuk berhati-hati memanfaatkan tangan tersebut.

“Saya memang masih banyak cedera. Tapi semuanya sudah berjalan baik, saya rasa. Saya berusaha mempertahankan passion untuk bisa bermain bagus dan tetap bersemangat saja. Menghadapi soal fisik yang terganggu, saya hanya berharap bisa bermain saja,” ujar Nadal saat jumpa pers terkait penampilannya di China Open, Senin (2/10). Bagi Nadal, cedera itulah yang membuat dirinya sadar akan kemampuan sebagai manusia yang terbatas. Sedangkan passion tadi yang membuat dirinya termotivasi untuk tampil maksimal di setiap pertandingan.

Seperti dikutip dari Associated Press, Nadal sendiri mengakui, kondisi fisik dan pergelangan tangan kirinya sudah tidak bermasalah. “Setiap saya bangun tidur, saya merasakan cedera ini membaik dan saya semakin sehat. Yang bisa saya lakukan adalah pergi bertanding di lapangan dan tampil bagus. Itu saja,” harap Nadal. Di laga awal China Open, Selasa (3/10), Nadal akan menjamu petenis Prancis, Lucas Pouille yang pernah mengalahkannya di turnamen yang sama tahun lalu.

Dari catatan yang ada, Nadal sudah mencatat 56 kemenangan dan sembilan kekalahan pada musim ini. Tercatat pula dia sudah menuai lima gelar turnamen juara di tahun ini. Terakhir kali Nadal membawa pulang trofi China Open saat dirinya masih remaja, yakni pada tahun 2005. Dia pernah merasakan tiga kali babak final dari enam kali tampil dengan rekor 20 kali menang dari 25 pertandingan di Beijing.