Michella Tjan (kiri) dan Kentaro Nanayama berpose usai menjuarai McDonald's Junior Golf Championship 2016. (Toto Prawoto)

Setelah Kentaro dan Michella Tjan, Siapa Lagi Menyusul?

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Untuk keenam kalinya kejuaraan golf tingkat nasional yang ditunggu-tunggu oleh para pegolf junior dari seluruh Indonesia – McDonald’s Junior Golf Championship – akan bergulir kembali pada pekan ini. Tepatnya, pada 6-8 Oktober 2017, di Senayan National Golf Club, Jakarta.

Event tersebut adalah bagian dari kepedulian sosial McDonald’s dalam sumbangsihnya terhadap pengembangan dan peningkatan prestasi di kalangan pegolf junior, dari usia 8 tahun hingga 17 tahun. Mereka akan berkompetisi di kelas A, B, C, D, dan E putra dan putri.

Sebagai salah satu kejuaraan yang ditunggu-tunggu oleh para pegolf junior dari seluruh Tanah Air, event tersebut yang hingga tahun keempat penyelenggaraannya hanya mempertandingkan nomor individu atau perorangan, pada perhelatan tahun kelima tahun lalu mulai mempertandingkan nomor beregu atau team.

Gagasan tersebut muncul dikarenakan animo para pegolf junior yang berpartisipasi dalam event tersebut cenderung terus meningkat setiap tahunnya.

Alfred Raja S (kedua kanan) dan Ribka Vania (keenam kiri) bersama anggota tim golf pelajar Indonesia lainnya saat mereka tampil di ASEAN School Games (ASG) beberapa waktu lalu di Brunei Darussalam.

Di sisi lain, kalaborasi antara McDonald’s dan Senayan National Golf Club, yang sejak tahun pertama hingga tahun keempat telah membuahkan hasil yang sangat positif, pada perhelatan tahun kelima tahun lalu mulai mengajak serta pengprov – dalam hal ini Pengprov PGI DKI – agar event tersebut menjadi salah satu event golf junior yang prestisius di negeri ini.

Dan, gayung pun bersambut. Maka, pada event tahun lalu nomor beregu mulai dipertandingkan untuk memperebutkan piala dari Pengprov PGI DKI.

Betul bahwa sejak event tersebut digulirkan dominasi pegolf junior dari kota-kota besar yang ada di Jawa tak tergoyahkan.

Terbukti pada tahun lalu Kentaro Nanayama (pegolf junior berdarah Jawa-Jepang) dari Pengprov PGI DKI Jakarta dan Michella Tjan dari Pengprov PGi Banten berhasil merebut gelar juara Best Gross Overalll putra dan putri.

Seperti diketahui Kentaro dan Michella beberapa waktu lalu tampil dalam event South East Asian Amateur Golf Championship. Hasilnya sangat positif. Kentaro menempati posisi ketiga individu dan beregu dalam event Lion City Cup, sementara Michella menempati posisi ketiga pada event Kartini Cup.

Namun, bukan berarti posisi kedua pegolf tersebut sebagai juara bertahan tetap aman pada kejuaraan yang sama tahun ini, mengingat bahwa dari tahun ke tahun jumlah pegolf junior, baik putra dan putri, yang berkompetisi di Kelas B, selain jumlahnya terus meningkat kemampuan teknis mereka juga boleh dipandang dengan sebela mata.

Pasalnya di Kelas B putra ada beberapa pemain lain yang setiap saat bisa menggoyahkan posisi Kentaro Nanayama. Mereka di antaranya adalah Dominikus Glenn Yuwono yang pada event Matchplay Credit Suisse merebut posisi runner up termuda di bawah Kevin C Akbar yang menjuarai event tersebut beberapa waktu lalu di Gunung Geulis Caountry Club.

Selain Glenn masih ada Alfred Raja. Kedua pegolf junior ini beberapa waktu lalu bahu-membahu membela Merah Putih dalam Sauth Asian Amateur Golf Championship pada event Lion City Cup.

Sementara, Michella Tjan, pun sebagai juara bertahan, posisinya setiap saat bisa diambil alih oleh pegolf putri lainnya yang berkompetisi di Klas B putri. Seperti, misalnya, Patricia Walanda Sinolungan dan pegolf putri lainnya – baik yang berasal dari Jabodetabek dan sekitarnya maupun dari daerah lain.

Catatan khusus untuk persaingan di Kelas B putra dan Kelas B putri tersebut bukan berarti bahwa independensi menafikan persaingan di Klas A putra dan Klas A putri.

Apalagi di kelas ini pun diikuti oleh pegolf putra dan putri – seperti Jonathan Wijono (Jawa Timur) dan Ribka Vania (Jawa Barat) – yang sarat pengalaman, serta kompetitor lainnya yang berasal dari luar Jawa.

Dengan demikian maka seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya McDonald’s Golf Junior Championship tahun ini pun akan diwarnai dengan kejutan… (Toto Prawoto)