Menikmati Tradisi “Ngubek Situ” di Sentul Bogor, Ow…Asyiknya!

BOGOR, JAWA BARAT (IndependensI.com) – Acara Ngubek Situ bagi masyarakat Sunda, Jawa Barat, merupakan salah satu budaya atau tradisi leluhur yang masih dipertahankan di tengah ancaman budaya global yang kian pragmatis. Patut disukuri karena tradisi itu masih diminati oleh masyarakat, baik di desa maupun masyarakat perkotaan.

Kecintaan masyarakat terhadap tradisi di masyarakat desa tersebut justru kini bisa menjadi daya tarik bagi wisata di nusantara. Situasi itu pula yang dimanfaatkan para pebisnis dalam kegiatan bisnisnya. Terbukti banyak permainan daerah atau pun tradisi daerah yang kini di tampilkan di berbagai kegiatan, termasuk di hotel-hotel.

Terinspirasi dari tradisi Sunda yang turun menurun, Aston Sentul Lake Resort & Conference Center pada hari Sabtu, 30 September 2017 lalu mengadakan acara “Ngubek Situ” untuk pertama kalinya dan dibuka untuk umum.

“Ngubek Situ merupakan istilah Sunda yang mengacu kepada kegiatan mencari ikan bersama-sama di danau,”kata Public Relations Manager Aston Sentul, Citra Wulandary Yunisha dalam rilisnya kepada IndependensI.com, Rabu (4/10/2017).

“Ngubek Situ” berlokasi di area danau Aston Sentul seluas 3500 m2, lantai 1. Mulai pukul 14.00 hinggal 17.00, para peserta beramai-ramai menyeburkan diri ke dalam danau untuk mencari ikan. Jenis ikan yang terdapat di danau Aston Sentul diantaranya ikan mas, nila, mujair, bawal, koi, oscar, gurame, dan ikan lele.

Menurut Citra, dalam acara Ngubek Situ kemarin tak kurang dari 35 peserta yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa turun ke danau dan merasakan keceriaan mencari ikan. Salah satu peserta dan juga tamu hotel yang berasal dari Ukraina menuturkan, dengan terlibat di acara yang terinspirasi dari budaya Sunda ini dia mendapatkan pengalaman pertama sekaligus menyenangkan sepanjang berlibur di Indonesia,” tutur Cirta Wulandary.

Para tamu bisa mengikuti keseruan “Ngubek Situ” dan berhasil mendapatkan ikan dapat langsung membakar atau menggoreng ikan hasil tangkapannya di pinggir danau dengan Rp 50.000/ orang termasuk 2 ekor ikan, nasi, lalap, sambal, sayur asam, kerupuk, dan air mineral.

Acara ini akan menjadi program rutin sebagai bentuk membudayakan sekaligus mengenalkan tradisi lokal Jawa Barat kepada para tamu Aston Sentul Lake Resort & Conference Center yang berlokasi di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat tersebut. (pr/kbn)