Ilustrasi pertandingan polo air. (Istimewa)

Jabar Juara Umum Polo Air

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Jawa Barat (Jabar) keluar sebagai juara dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Polo Air yang juga merupakan turnamen uji coba atau “test event” bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017. Jabar memperoleh gelar kejurnas polo air melalui tim putri yang sukses menundukan tim DKI Jakarta dalam laga sengit berkesudahan 13-5 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (12/12).

Dengan hasil ini, Jawa Barat berhak menjadi juara kejuaraan nasional setelah mengantongi delapan poin hasil dari empat kemenangan, sementara DKI Jakarta harus puas mendapat perak dengan perolehan enam poin, hasil tiga kali menang dan sekali kalah. Sedangkan dalam partai perebutan tempat ketiga, Sumatera Selatan tanpa kesulitan kontra Jambi. Jambi yang belum menghasilkan poin kembali menelan kekalahan 8-19.

Dengan hasil ini, Sumatera Selatan berhak atas Perunggu setelah di papan klasemen mengantongi empat poin, unggul dua poin atas Sulawesi Selatan yang ada di peringkat empat, sementara Jambi ada di dasar klasemen. Di hari terakhir kejuaraan nasional polo air putri, atlet Sumatera Selatan Siti Balkis keluar sebagai pencetak gol terbanyak dengan 18 gol, penjaga gawang terbaik jatuh pada atlet Jawa Barat, Ayudya S Pratiwi, serta Inez Febrianti dari Jawa Barat keluar sebagai pemain terbaik kompetisi.

Pelatih polo air putri Jawa Barat, Jaka Mumara dan asisten pelatih Melviani beserta tim pelatihan mempunyai strategi khusus untuk mengatasi tim DKI Jakarta yakni dengan permainan zona dan serangan balik. “Ternyata itu teknik sangat ampuh dan mampu mengalahkan tim DKI dengan skor 13-5, selain tentunya kerjasama tim yang baik, disiplin dan pantang menyerah sehingga bisa mengatasi lawannya dengan baik, itu karna berkat latihan yang baik, dengan bersungguh-sungguh dan kerja keras selama latihan,” ujar Jaka seperti dikutip dari Antara.

Dengan hasil ini, Jaka mengharapkan bisa menjadi modal berharga bagi tim polo air Jawa Barat menghadapi PON 2020 di Papua. “Mudah-mudahan ini jalan yang baik untuk tim Polo air jabar dalam menyongsong PON berikutnya di Papua. Jabar kahiji!,” ucapnya penuh semangat.