Ilustrasi laga basket di ajang LIMA. (Istimewa)

LIMA: Bermodal Konsistensi Selama Enam Tahun

JAKARTA (IndependensI.com) – Potensi bisnis di bidang olahraga belum terlalu populer di Indonesia. Namun ditangan Ryan Gozali, olahraga menjadi ladang yang menjanjikan masa depan. Berawal dari keprihatinan atas prestasi olahraga di Indonesia, Ryan mendirikan Liga Mahasiswa (LIMA). Ryan yang menjadi Chief Executive Officer Liga Mahasiswa ini, adalah seorang master di bidang sport management dari University of San Francisco, Amerika Serikat. Di bawah bendera Lima, pria ramah ini menggelar kompetisi antarmahasiswa dengan cakupan nasional.

Hingga saat ini sudah terdapat enam cabang olahraga yang dilombakan di Lima, yaitu bulutangkis, renang, futsal, basket, sepakbola dan bola voli. Kendati mengaku sulit pada awalnya bersama LIMA, Ryan bermodal konsisten untuk bisa menuai hasil yang diharapkan dalam menggelar ajang olahraga prestasi di kalangan Perguruan Tinggi. “Kami hanya bermodal konsistensi dalam terjun ke bidang ini. Situasi di kancah olahraga mahasiswa sangat dinamis dan itulah yang membuat kami terus berkarya untuk bisa mencapai target yang dicanangkan,” ujar Ryan kepada Independensi.com dalam pembicaraan beberapa waktu lalu.

LIMA sendiri lahir pada 28 Juni 2012, hingga kini sudah mendapat kepercayaan banyak sponsor dan para pemangku kepentingan olahraga di Tanah Air. Ryan mengakui, dirinya terinspirasi dari National Collegiate Athletic Association (NCAA) yang menjadi organisasi pengelola liga mahasiswa di AS dan Kanada. “NCAA memberikan banyak pembelajaran. Saya banyak belajar dari sana. Mulai dari disiplin, edukasi dan penilaian akademisi serta kepedulian dengan sesama. Jadi mahasiswa yang ikut LIMA pun tidak melupakan nilai-nilai akademisinya dan pergaulan positif tentunya,” imbuh Ryan.

Sementara itu dalam rangka menggenapi konsistensi selama enam tahun, LIMA melanjutkan musim kompetisinya. Setelah sukses menggelar lima cabang olahraga di musim kelimanya, yaitu badminton, renang, futsal, basket, dan sepakbola, musimini LIMA berhasil menambahkan satu cabang olahraga (cabor) baru. Bola voli menjadi cabor debutan yangakandipertandingkan di musim keenam LIMA ini.

Bulutangkis kembali menjadi cabor pembuka musim. Jakarta menjadi tuan rumah pembuka gelaran LIMA Badminton pada 25 Februari – 3 Maret 2018 di GOR Kecamatan Kampung Makasar, Jakarta Timur. Selain di Jakarta, LIMA Badminton 2018 juga digelar di lima kota lainnya, yaitu Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Surakarta.LIMA Badminton Nationals akan digelar di Surakarta pada 1 – 8 Mei 2018.

Cabor kedua yang digelar oleh LIMA yaitu renang. LIMA Swimming dihelat di Bandung pada pertengahan Maret 2018, bersamaan dengan perhelatan LIMA Badminton di Bandung. LIMA Basketball di Jakarta digelar pada 26 Juni hingga 3 Juli 2018. Setelah dari Jakarta, LIMA Basketball akan kembali hadir di Medan, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Kota Pahlawan, Surabaya, akan menjadi tuan rumah LIMA Basketball Nationals 2018 pada pekan kedua Agustus 2018. Setelah vakum satu tahun, LIMA akhirnya menyambangi Medan. Dengan dukungan sponsor baru, Gojek, LIMA menggelar LIMA Basketball: Gojek Sumatera Conference.

Selanjutya, LIMA akan menggelar cabor baru pada pekan kedua Agustus 2018, yaitu bola voli. Meskipun LIMA Volleyball hanya akan dilaksanakan di Jakarta, tetapipeserta dari luar Jakarta juga bisa ikut bertanding pada gelaran yang bertajuk LIMA Volleyball Greater Jakarta Conference and Nusantara Conference 2018 ini. Di musim kelima tahunlalu, sepakbola menjadi cabor debutan dengan nama LIMA Football Greater Jakarta Conference and Nusantara Conference 2017. Meski baru digelar di satu kota, LIMA Football mendapat antusiasme yang tinggidari para pelaku olahraga sepakbola. Untuk itu, LIMA menambah cakupan region untuk pelaksanaan LIMA Football di musim keenamnya.

Selain di Jakarta, LIMA Football akan digelar di Malang dengan tajuk LIMA Football East Java Conference 2018. Kota Malang juga akan menjadi tuan rumah LIMA Football Nationals 2018. Futsal akan menjadi cabor penutup LIMA Season 6. LIMA Futsal 2018 akan digelar di tujuh kota, yakniPontianak, Malang, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. LIMA Futsal akan dimulai pada pekan pertama September 2018 dan berakhir di gelaran LIMA Futsal Nationals di Jakarta pada pekan kedua Desember 2018.