Pembangunan Bandara Kulon Progo Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Yogyakarta

YOGYAKARTA (IndependensI.com) – Saat ini pemerintah tengah berupaya mendorong pembangunan Bandara Kulon Progo di Yogyakarta. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yakin dengan pembangunan bandara baru ini akan membangkitkan perekonomian masyarakat Yogyakarta.

“Saya yakin kalau Bandara Kulon Progo ini selesai dibangun akan membangkitkan perekonomian di Yogyakarta, kesejahteraan ekonomi masyarakat pasti akan tumbuh pesat, pariwisata Yogyakarta akan tumbuh bahkan bisa menjadi Bali kedua. Saya yakin pembangunan bandara ini akan berdampak positif dan memberi keuntungan berlipat ganda bagi masyarakat,” kata Menhub Budi di Yogyakarta (16/12/2017).

Lanjut Menhub, sejalan dengan adanya pertumbuhan pariwisata di Yogyakarta pasti akan tumbuh juga pusat-pusat bisnis baru seperti hotel, restoran, hingga agen travel perjalanan wisata yang tentunya kemudian membuka kesempatan lapangan pekerjaan baru khususnya bagi masyarakat Yogyakarta. Ditambahkan Menhub untuk mendukung operasional bandara saja nantinya akan dibutuhkan ribuan tenaga kerja.

Terkait adanya penolakan pembangunan Bandara Kulon Progo yang terjadi akhir-akhir ini, Menhub menjelaskan akan menyelesaikannya dengan pendekatan persuasif terhadap warga sekitar.

“Setiap pembebasan tanah pasti ada pro dan kontra, itu sangat wajar terjadi. Untuk itu pemerintah sangat hati-hati dalam menyelesaikannya. Kita akan melakukan pendekatan persuasif kepada warga sekitar pembangunan Bandara Kulon Progo. Kita akan cari jalan keluar terbaik,” jelas Menhub Budi.

Untuk itu Menhub menghimbau masyarakat untuk mendukung pembangunan Bandara Kulon Progo demi membangkitkan ekonomi masyarakat Yogyakarta.

“Saya iri mengapa Bali bisa menjadi tujuan pariwisata yang besar tapi Yogyakarta tidak bisa karena salah satu keterbatasannya adalah bandara. Saya menghimbau seluruh warga, yuk kita dukung Yogyakarta, kita bangkitkan Yogyakarta menjadi satu second destination pariwisata Indonesia yang turisnya mencapai lima juta. Pastinya akan membanggakan orang Yogyakarta,” kata Menhub. (kbn)