BPN Targetkan 30 Ribu Tanah Mendapat Sertifikat

SUKABUMI (IndependensI,com)  – Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kota Sukabumi, Jawa Barat menargetkan pada 2018 sebanyak 30 ribu bidang tanah mendapat sertifikat gratis.

“Tahun depan Kementerian ATR BPN kembali menggulirkan progam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. Diharapkan di 2018 jumlah bidang tanah yang mendapatkan sertifikat gratis tersebut jumlahnya bisa bertambah,” kata Kepala Kantor ATR BPN Kota Sukabumi A Wajah Ganjar di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, pada 2017 jumlah bidang tanah yang mendapatkan progam sertifikat gratis tersebut sebanyak 11 ribu bidang yang tersebar di 10 kelurahan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada setiap warga yang ingin mengurus sertifikat tanah gratis di 2018 tersebut untuk menyiapkan dokumen kepemilikan tanah dan persyaratan lainnya, sebab program ini dimulai awal tahun.

Sedangkan untuk pengukuran dan pemetaan bidang tanah pihaknya akan melibatkan petugas independen dan lembaga lainnya. Jika seluruh proses administrasi, pengukuran hingga pemetaan usai maka bisa segera dibuatkan sertifikatnya dalam hitungan pertiga bulan.

“Progam strategis nasional yang digulirkan Presiden RI Joko Widodo ini ditargetkan selesai pada 2019 mendatang. Sehingga seluruh bidang tanah yang ada di Kota Sukabumi sudah tesertifikat,” tambahnya.

Wajah mengatakan untuk menunjang pelaksanaan program tersebut, pihaknya sudah melakukan sosialisasi hingga pelosok daerah perkampungan.

Selain itu, pihaknya juga meminta camat dan lurah membantu melakukan sosialisasi progam pembuatan sertifikat gratis ini agar warga pemilik tanah yang belum mempunyai sertifikat bisa ikut mendaftar. Feru Lantara.