Panen padi di Desa Situjaya Kecamatan Karang Pawitan, Kabupaten Garut.  (Humas Kementerian Pertanian)

Panen di Awal Tahun 2018, Petani di Garut Bergembira dan Bangga

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kabupaten Garut, sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Barat, memiliki potensi panen seluas 58.158 hektare (Ha) hingga akhir Maret 2018, dengan produktivitas sebesar 6,9 ton per hektare. 

“Kami bangga jadi petani,” kata Ketua Poktan Karyasari Saeful Rahman disela sela panen padi di Desa Situjaya Kecamatan Karang Pawitan, Kabupaten Garut. 

Hal itu juga diakui Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Beni Yoga Gunasantika, di tengah kegembiraan dan kemeriahan panen padi oleh Kelompok Tani Karyasari pada luas hamparan 500 Ha dengan produktivitas 7,3 ton per Ha.

Demikian dalam keterangan pers diterima Independensi.com, Sabtu (6/1/2018).

Tak hanya itu, Kelompok Tani Jaya Desa Leles di Kecamatan Leles pun bersamaan melakukan panen padi pada hamparan seluas 24 Ha dari 954 Ha yang digarapnya dengan produktivitas 6,2 Ton per Ha.

Panen telah berlangsung sejak pagi hingga senja ini di kedua desa tersebut.

Pada kesempatan ini, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, yang turut bersama melakukan panen ini menyampaikan pesan kepada petani untuk tetap semangat agar lebih maju.

“Panen di Garut ini menunjukkan beras melimpah, selain itu juga keseriusan pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan swasembada pangan,” terangnya.

Hamparan panen di lokasi seluas 100 ha ini merupakan pertanaman varietas ciherang, Sarinah, Mekongga dan MSP dengan tingkat produktivitas yang dihasilkan cukup tinggi yaitu sekitar 7,3 ton/ha GKP.

Dari luas hamparan tersebut dapat diprediksi total produksi hasil, yaitu sebesar 730 ton Gabah Kering Panen (GKP), dengan harga jual GKP rata-rata sebesar Rp. 4.500 per kg, maka potensi pendapatan petani pada luas hamparan tersebut mencapai Rp 3,5 Miliar.

Turut hadir dalam panen bersama ini Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan BKP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Prov. Jawa Barat, BPTP Jawa Barat dan Ketua Poktan Karyasari di Desa Situjaya Kec. Karangpawitan Kab. Garut.