Virgil van Dijk

Debut Virgil van Dijk Antarkan Liverpool Raih Kemenangan

LIVERPOOL (IndependensI.com) РVirgil van Dijk mencatatkan start impian pada kariernya di Anfield dengan mencetak gol penentu kemenangan pada debutnya untuk Liverpool.  Liverpool  menang 2-1 atas tim sekota Everton pada pertandingan putaran ketiga Piala FA pada Jumat (5/1/2018) atau Sabtu (6/1/2018) dinihari.

Pria asal Belanda itu, yang direkrut dari Southampton pada pekan lalu dengan biaya transfer yang dilaporkan mencapai 75 juta pound, melompat di area penalti lawan untuk menyundul bola tendangan sudut Alex Oxlade-Chamberlain di depan tribun “The Kop” pada menit ke-84 pada “derby” Merseyside yang berlangsung sengit.

“Malam yang indah. Ini sangat layak didapat, rasanya luar biasa untuk berada di sini, gol ini sangat istimewa bagi saya dan keluarga saya,” kata Van Dijk.

“Bermain di Anfield untuk Liverpool adalah impian untuk semua pemain. Untuk mencetak gol bahkan menjadi semakin istimewa.” Liverpool terlihat telah frustrasi setelah Gylfi Sigurdsson menyamakan kedudukan untuk Everton pada menit ke-67 setelah tim asuhan Sam Allardyce itu melancarkan serangan balik brilian.

Hal itu kelihatannya akan mengulangi hasil pertemuan di Liga Inggris antara kedua tim pada Desember, ketika Everton meraih hasil imbang 1-1 meski lawannya memiliki lebih banyak peluang.

Namun Van Dijk, yang dibeli untuk memperkuat lini terlemah Liverpool, jantung pertahanan, membuktikan nilainya di sisi lain lapangan dengan kekuatan dan kecakapannya dalam duel udara untuk memberikan “pukulan mematikan.” Setelah start dengan tempo tinggi, Liverpool membuka keunggulan melalui eksekusi penalti James Milner pada menit ke-35, setelah bek Everton Mason Holgate menjatuhkan Adam Lallana di kotak penalti.

Ini merupakan derby bergaya lama dengan banyaknya adangan keras, irama tempo tinggi dan seolah tanpa akhir, namun pasukan Juergen Klopplah yang menciptakan lebih banyak peluang.

Pemain Everton Wayne Rooney, yang mendapatkan kartu kuning saat pertandingan baru berlangsung tujuh menit karena pelanggarannya terhadap Joe Gomez, terhindar dari risiko kartu merah ketika ia terlihat kehilangan ketenangannya.

Gomez menanduk bola melebar ketika ia tidak terkawal pada tendangan sudut di menit ke-54, dan semenit kemudian Lallana menyepak bola melebar setelah mendapatkan umpan terobosan.

Kiper Everton Jordan Pickford menepis bola untuk menggagalkan upaya Andy Robertson di tiang dekat. “The Toffees” kelihatannya telah membuat pasukan Klopp membayar kegagalannya memanfaatkan peluang dengan penyelesaian dingin Sigurdsson. Namun pemain belakang termahal di dunia memiliki ide lain. (antara/reuters)