Suasana pertandingan antara BSB Hangtuah melawan NSH Jakarta pada seri kelima IBL Pertalite 2017-2018 di DBL Arena, Surabaya, Jumat (19/1). (Istimewa)

BSB Hangtuah Benamkan NSH Jakarta

JAKARTA (IndependensI.com) – Skuat basket BSB Hangtuah memberikan kekalahan kesembilan beruntun NSH Jakarta di Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2017-2018 setelah pada laga Seri V di DBL Arena, Surabaya, Jumat 19/1), menang dari lawannya itu dengan skor 76-66.

Seperti dikutip dari Antara, hasil tersebut membuat NSH semakin terbenam di dasar klasemen sementara Divisi Merah karena belum membuat satu pun kemenangan di IBL dari sembilan pertandingan yang sudah dijalani. Sedangkan kemenangan ini bagi BSB Hangtuah merupakan sukses ketiga dari delapan laga dan belum mengubah posisi mereka di tempat ke tiga klasemen sementara Divisi Merah.

Di pertandingan itu, NSH sebenarnya memulai langkah dengan baik. Mengandalkan guard asingnya Brachon Griffin, yang di sepanjang laga membuat 22 poin, mereka berhasil mengungguli Hangtuah di kuarter pertama dengan skor 20-15. Namun, “arah angin” berbalik mulai kuarter kedua. Setelah menyamakan kedudukan 22-22 melalui tembakan dua angka big man asingnya Nahshon George, Hangtuah melesat dan membuat skor menjadi 36-28 untuk keunggulan Hangtuah di kuarter kedua.

Kuarter ketiga dan keempat pun menjadi penegasan bahwa di Hangtuah menjadi tim terbaik di laga itu setelah di akhir masing-masing kuarter bertahan sebagai yang terdepan dengan skor 50-42 dan 76-66. Kegagalan meraih kemenangan perdana di IBL membuat pelatih NSH Wahyu Widayat Jati meradang. Pelatih yang biasa disapa Cacing itu menyebut pemainnya tidak memiliki mental juara. “Hangtuah layak menang karena mereka lebih mau berusaha untuk menang. Saat melihat pemain saya berusaha lebih keras ketika latihan. Entah kenapa di gim sesungguhnya jadi berbeda,” kata Wahyu usai laga.

Sementara pelatih BSB Hantuah Andika Saputra mengatakan kemenangan timnya atas NSH semata karena kerja keras anak-anak asuhnya. Sempat tertinggal di kuarter pertama pun dianggapnya wajar karena mereka memang mengawali laga dengan strategi bertahan. Tak lupa, Andika juga memuji lawannya. “NSH tim yang bagus,” tutur dia. Di pertandingan tersebut, Brachon Griffin menjadi pendulang poin tertinggi bagi NSH Jakarta dengan 22 poin, lima rebound dan tiga assist. Di kubu Hangtuah, guard impor Keenan Palmore ke luar sebagai yang terbaik dengan torehan 24 poin, 10 rebound dan tiga assist.

Laga berikutnya, NSH JAkarta akan berjumpa dengan Stapac Jakarta pada Sabtu (20/1) dan di hari yang sama BSB Hangtuah berjumpa Garuda Bandung.