Menko PMK Puan Maharani Berharap Perempuan Berperan Aktif Dalam Pembangunan

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berharap perempuan lebih berperan aktif dalam pembangunan Indonesia, terutama sosok untuk merawat kebhinekaan negara.

Menko PMK Puan Maharani dalam pidatonya di acara peluncuran hasil survei nasional tentang perempuan dari Wahid Foundation di Jakarta, Senin.,(29/01/2018), mengatakan
Saya harapkan pada acara yang sangat strategis ini, saya berkeinginan kita semua untuk saling menjaga Indonesia seutuhnya secara bergotong royong dan agar bisa saling bersinergi.

Menurut Puan peran perempuan mempunyai andil besar di Indonesia dengan terdapat banyak organisasi perempuan yang ikut dalam perjuangan bangsa untuk memperjuangkan hak-haknya. “Telah banyak dalam catatan sejarah bangsa, peran perempuan semasa perjuangan pergerakan kemerdekaan melawan kolonialisme Belanda dan Jepang dengan membentuk organisasi perempuan,” tambah Puan.

Dia mengutip ucapan Presiden pertama Indonesia Soekarno bahwa perempuan sebagai tiang negeri yang menentukan baik buruknya suatu negeri.

Menko PMK menuturkan bangsa Indonesia membutuhkan sosok perempuan untuk merawat tumbuh kembangnya kebhinekaan, merawat akar kemajemukan dan toleransi bangsa yang membuat bangsa ini tetap berpijak pada jati diri yang sesungguhnya. Sebuah hasil survei dari Masyarakat Telematika Indonesia tahun 2017 menyoroti bahwa jenis kabar bohong atau hoax yang sering diterima adalah terkait dengan isu politik dan SARA.

Oleh karena itu Menko PMK mengajak seluruh masyarakat agar selalu mengamalkan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. “Jangan mau kita diadu domba, kita itu Indonesia, kita itu bangsa Indonesia, maka dari itu kita harus bersatu dalam mempertahankannya,” pungkas Puan.