Para pemimpin redaksi media massa Indonesia berfoto bersama dalam pertemuan Forum Pemred di Padang, Sumatera Barat, Kamis 8/2/2018).

Forum Pemred Jamin Independensi Media di Tahun Politik

JAKARTA (IndependensI.com) – Bangsa Indonesia akan menghadapi dua peristiwa penting dalam tahun ke depan yaitu Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Pilkada tahun ini bukanlah pemilihan kepala daerah serentak pertama di Indonesia. Tapi Pilkada 2018 merupakan yang terbesar dengan digelarnya 171 pemilihan kepala daerah di hari yang sama.

Forum Pemred, yang merupakan wadah komunikasi pemimpin redaksi se-Indonesia, menjamin independensi medianya masing-masing untuk menghadapi tahun politik. Kesepakatan itu tertuang dalam deklarasi di Padang, Sumatera Barat, Kamis (8/2/2018).

Berikut adalah isi deklarasi tersebut:

 

Deklarasi Forum Pemred Terkait Pilkada 2018 dan Pemilu 2019

Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) meyakini bahwa demokrasi itu adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi harus menghasilkan pilihan terbaik agar tujuan kesejahteraan bisa dicapai. Dan Pers bertugas untuk terus berupaya mendorong agar demokrasi menghasilkan orang terbaik untuk negeri ini.

Oleh sebab itu, maka kami anggota Forum Pemred menyatakan:

  1. Komitmen untuk menyukseskan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 yang diselenggarakan dengan mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, transparan, proportional, profesional, efisien, efektif dan dapat dipertanggung jawabkan.
  2. Menjunjung kode etik jurnalistik, profesionalisme profesi, serta menjaga norma kesantunan dalam meliput dan menulis berita terkait Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 khususnya, dan tugas jurnalistik lain pada umumnya.
  3. Menjaga objektivitas pemberitaan, dan menghormati dan memberikan porsi yang sesuai kepada semua peserta Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.
  4. Percaya bahwa penyelenggara Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 serta semua elemen terkait akan melaksanakan tugasnya dengan profesional, jujur dan adil demi kemaslahatan bangsa.
  5. Menghimbau kepada semua peserta Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 agar berkompetisi secara sehat, menghindari kampanye negatif, disinformasi, ataupun pengguna isu-isu SARA (Suku, Agama, Ras & Antar golongan) yang dapat memecah belah bangsa, dan akan mengedepankan program konstruktif untuk mencerdaskan dan membangun bangsa.
  6. Mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk berpatisipasi secara damai, tertib dan toleran dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Padang, 8 Februari, 2018.

Forum Pemimpin Redaksi