Closed Circuit Television (CCTV)
Ilustrasi Closed Circuit Television (CCTV). (foto istimewa)

Sandiaga Berencana Pasang 60 Ribu CCTV

JAKARTA (IndependensI.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana memasang 60.000 Closed Circuit Television (CCTV) untuk mencegah tindakan kriminalitas di Ibu Kota.

Karena, hingga saat ini baru terpasang sekitar 6.000 kamera pengintai. “Kami ingin memasang 60.000 CCTV di seluruh wilayah Jakarta sekarang baru 6.000. Baru 10%. Salah satu (tujuan)-nya adalah to make Jakarta safe. Jadi bukan hanya smart tapi juga safe,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Dia meminta Dinas Komunikasi dan Informatika DKI Jakarta untuk mengusulkan program-program guna pencegahan tindakan kriminalitas dan pelecehan seksual.

“Nah ini yang akan kami dorong. Teman-teman dari Diskominfotik sudah mengajukan beberapa program, karena kami ingin menjadi kota safe,” kata dia.

Politikus Partai Gerindra ini juga menjelaskan, Pemprov DKI akan menggandeng beberapa pihak dalam pemasangan CCTV di Jakarta.

“Bahwa CCTV ini bisa juga kerja sama antara Pemprov dengan dunia usaha. Selama ini, mungkin kita kerjasamakan dengan titik-titik untuk utilitas, komunikasi maupun mobilitas dari bisnis digital,” ucapnya.

Terlebih pemasangan CCTV, akan dipasang di daerah-daerah rawan di Jakarta. “Nah ke depan, khususnya di daerah-daerah yang sekarang rawan ini kami ingin pasang juga CCTV. Program ini kami dorong terus. Tapi ini program kemitraan antara pemerintah dan dunia usaha agar lima tahun bisa tercapai,” tutupnya.(BM/ist)