Gubernur Jabar Ahmad Heryawan kukuhkan Pjs Wali Kota Bekasi Rudi Ganda Kusuma. (humas)

Kepala Kesbanpol Jabar Pjs Wali Kota Bekasi

BEKASI (IndependensI.com)-  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menunjuk Kepala Kesatuan Badan Politik (Kesbanpol) Provinsi  Jawa Barat, R Rudi Ganda Kusuma, menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bekasi.

Ahmad Heryawan mengukuhkan Rudi bersama  pejabat lainnya, karena dalam Pilkada serentak 2018, di Jawa Barabt ada tujuh  Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah  menjalani cuti diluar tanggungan negara  karena ikut Pilkada.

Pengukuhan Rudi bersama Pjs lainnya dilakukan di Gedung Sate, Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (14/02/2018). Saat pengukuhan hadir Wakil Gubernur Dedy Mizwar beserta para Wali Kota dan Bupati yang digantikan.

Tujub Kepala Daerah di Provinsi Jawa Barat yang ikut Pilkada,  diantaranya Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Ciamis, dan Subang.

Kota Bekasi yang lima tahun terakhir dipimpin  Rahmat Effendi, mengikuti Pilkada serentak untuk pemilihan Wali Kota Bekasi 2018 -2023. Sedang   Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu mengikuti Pilkada serentak untuk Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat 2018-2023.

Gubernur Jawa Barat menyampaikan bahwa pengukuhan Pjs  Kepala Daerah ini bermaksud mengisi kekosongan masa jabatan Wali Kota, Bupati dan Wakil Wali Kota dan Wakil Bupati yang ikut meramaikan Pilkada serentak di saerah masing masing.

“Di Jawa Barat ada tujuh daerah yang harus di isi kekosongan Kepala Daerah, dan kami sudah menetapkan untuk penugasanya masing masing. Yang lainnya baik Wali Kota/Bupati saja yang ikut Pilkada ataupun Wakil Wali Kota dan Wakil Bupati saja yang mengikuti, tidak kami tugaskan PJS,” katanya.

Ahmad Heryawan menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara, Polri, TNI  ataupun yang berkaitan dengan seluruh unsur Muspida, agar bersikap netral. Tidak menunjukan hal hal yang berbau politik dalam masa masa kampanye untuk kepala daerah, agar ternilai bahwa Pemilukada di Provinsi Jawa Barat berjalan lancar seperti yang telah di akukan pada Pemilukada serentak sebelumnya yang berjalan secara lancar, ujar Ahmad. (adv/humas/jon)