Calon Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat blusukan ke pesantren di Purwakarta

Ridwan Kamil Blusukan Perdana ke Pesantren di Purwakarta

Loading

PURWAKARTA (Independensi.com) – Kandidat Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengawali kampanye perdananya dengan berkunjung ke Ponpes Alhikmussalafiyah, Desa Cipulus, Wanayasa, Purwakarta, Kamis (15/2/2018). Kedatangannya ke pesantren untuk mendengar aspirasi guru ngaji, ulama, dan para santri.

Kehadiran Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil disambut oleh 2000-an santri dan santriwati dengan menyanyikan Lagu RINDU diiringi dengan tarian riang gembira. “Saya datang ke sini untuk mendengarkan harapan-harapan santri dan ulama serta meminta doa pada para ulama untuk maju sebagai calon Gubernur Jabar,” kata Kang Emil dihadapan para santri.

Jika dirinya terpilih sebagai pemimpin Jabar, Kang Emil ingin membawa perubahan melalui kekuasaan. Kekuasaan itu ibarat kendaraan untuk mengangkut orang-orang susah, orang-orang yang menitipkan cita-cita, dan harapan. “Itulah esensi kekuasaan,” ujarnya.

Pada acara tersebut, Kang Emil berdialog dengan para santri dan guru ngaji. Asep, guru ngaji di pesantren itu berharap agar kesejahteraannya ditingkatkan, sementara Munawaroh, santriwati meminta keberpihakan Kang Emil pada pendidikan pesantren.

Menjawab pertanyaan tersebut Kang Emil menandaskan, bahwa yang pertama kali akan dia perjuangankan jika terpilih sebagai Gubernur Jabar adalah perda pesantren.

“Melalui perda itu, pesantren akan dibangun infrastrukturnya, ditingkatkan kesejahteraan guru ngaji. Itu hadiah buat para ulama,” ucap cucu KH. Muhyidin, pendiri pesantren 8 Pagelaran.

Menurut Kang Emil, setengahnya program terbaik di Kota Bandung akan dibawa ke Jawa Barat. Program tersebut antara lain Magrib Mengaji bagi anak-anak, Salat Subuh Berjamaah bagi pemudanya, bayar zakat menggunakan aplikasi yang terbukti mampu meningkatkan pengumpulan zakat dari Rp5 miliar per tahun menjadi Rp30 miliar.

Program lainnya yakni, meminta camat/lurah salat Jumat di masjid yang berbeda setiap hari Jumat, dan membawakan makanan ke rumah-rumah miskin untuk mendengarkan keluhan warga. Selanjutnya ada layad rawat, yang menyiapkan 1000 dokter untuk mendatangi dan mengobati warga yang sakit.

“Pada Pilkada ini saya berpasangan dengan Kang Uu (Uu Ruzhanul Ulum), Bupati Tasikmalaya. Keduanya punya pengalaman, saya berpengalaman di kota dan Kang Uu di desa, kita akan padukan pengalaman ini untuk memimpin Jabar,” kata Kang Emil.

Di sela-sela dialognya dengan para santri, Kang Emil meminta para santri untuk meneriakan yel-yel, “Jabar Juara, saya mah RINDU!”. Dengan penuh semangat sambil mengangkat tangan para santri meneriakan, “Jabar Juara, saya mah RINDU!”

Sementara itu, Ketua Ponpes Alhikmussalafiyah, KH. Abah Adang Badrudin menyatakan, dirinya dan para ulama berharap Jabar memiliki pemimpin yang menolong agama Allah, menolong rakyatnya dan nusa bangsa.

Dia mengingatkan bahwa untuk mengurus negara harus punya 4 ilmu, yakni mengurus negara menggunakan ilmu ulama, dipimpin oleh pemimpin yang adil, orang kayanya murah hati, menyumbang untuk mendukung negara, dan doanya orang tua dan rakyatnya, agar negara aman dan sejahtera.

“Kami butuh pemimpin yang mau ngurus agama, ngarangkul guru ngaji, dan mensejahterakan pesantren supaya pemimpin tersebut jadi contoh,” ucap Abah Adang yang memiliki 5000-an santri.

Dari Ponpes Al-Hikamusallafiyah agenda blusukan Kang Emil berikutnya adalah berziarah ke makam Mama Sempur. Kemudian bersilahturahmi dengan keluarga Mama Sempur di Pesantren Sempur, Plered. Diakhiri pertemuan dengan para relawan RINDU sekaligus meresmikan Rumah Rindu di Wisma Suryo, Purwakarta. (Putra)