Ketua BPC Perhumas Bandung Jabar Nurlaela Arief (kiri).

Perhumas Jabar Sharing Pentingnya ‘Key Opinion Leaders’

BANDUNG (Independensi.com) – Key opinion leaders (Kol) atau influencers saat ini kehadirannya sangat penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan yang sedang berkembang.

Karenanya dalam rangka ulang tahun ke 14 tahun 2018, majalah Mix menggelar MixMarcommunity Gathering in Bandung, dengan tajuk Talkshow yang berthemakan “Key Opinion Leaders bekerjasama dengan Majalah Mix, Perhumas Jabar dan Bio Farma.

Menurut Ketua BPC Perhumas Bandung Jabar Nurlaela Arief, Kamis (8/3/2018) mengatakan menjamurnya pemanfaatan dari media sosial. Kata kata dari Key Opinion Leaders sangat berpengaruh dan bermanfaat bagi organisasi atau perusahaan, apabila ingin corporate value dan membangun corporate branding.

Dikatakannya, Bio Farma banyak terkait dengan kesehatan masyarakat melalui produksi vaksin, maka Key Opinion Leaders bisa berasal dari pakar, Dokter, IDI, atau akademisi yang memiliki kepakaran mengenai bio teknologi dan bisa menyampaikan temuan baru tentang penyakit yang didukung dengan temuan menganai vaksin itu sendiri.

” Sehingga Key Opinion Leaders ini sangat penting bagi coorporasi mengingat isu tentang vaksin ini bisa beragam,” kata Nurlaela.

Terkait opini opini dari media dikatakannya sangat penting dan untuk mengcounternya pihaknya telah melakukan workshop for jurnalis, memberikan edukasi kepada media agar tahu bagaimana mengkomunikasikannya kepada publik, khususnya terkait dengan issue issue kesehatan.

” Kami juga memiliki program edukasi kepada para santri tentang pentingnya vaksin dan risikonya jika tidak di vaksin,” katanya lagi.

Jahja B. Soenarjo, CCO Direction, Founder IMA Indonesia dan Jabar mengatakan opini jaman old dan jaman now sangat berbeda. Jaman dulu menggunakan tokoh atau artis terkenal, sedangkan jaman now tidak perlu terkenal semua serba ringkas langsung mencapai sasaran dan menginfluencers asal tahu bagaimana cara menyampaikannnya

“Efektifitasnya sangat bergantung kepada bagaimana kita mengemas kontens atau isi berita yang ingin kita sampaikan,” kata Jahja.

Key Opinion Leaders memerlukan kreativitas, memanfaatkan peluang pasar, dengan merk, produk yang bagus, berkualitas dan terus berinovatif agar dapat masuk pasar dengan tepat baik, dan efektif, sehingga barang produknya menembus pasar internasional. (Putra Fernando)