Wakil Bupati Karo, Cory S Sebayang (keenam dari kiri, berkostum putih)

Wakil Bupati Karo Cory Sebayang: Semangat dan Nilai Juang Veteran Harus Dilestarikan

KABUPATEN KARO (Independensi.com) – Semangat dan nilai-nilai juang para veteran tetap relevan sebagai sumber inspirasi dalam perjuangan membangun bangsa  di masa depan. Apa yang telah dilakukan para pejuang bangsa ini pantas kita hargai, dan semangat serta nilai-nilai juang itu harus terus dilestarikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Demikian dikemukakan Wakil Bupati Karo, Cory S Sebayang ketika memberikan sambutan dalam acara Peringatan HUT Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) ke-61 di Kabanjahe, Rabu (14/3/2018).

Menurut Cory, pemerintah dan masyarakat bertekad melestarikan jiwa dan semangat dan nilai nilai juang LVRI serta tetap konsisten menjadikan organisasi ini sebagai sumber inspirasi perjuangan bangsa. “Indonesia adalah bangsa pejuang, kemerdekaan yang diraih atas kekuatan sendiri tanpa campur tangan dari pihak manapun,”katanya.

Karenanya, kata Cory, sebutan sebagai bangsa pejuang harus terus dilestarikan dan tetap melekat di jiwa anak bangsa.”Kita yakin bahwa dengan jiwa semangat nilai nilai 1945, bangsa ini secara bersama akan bisa membangun NKRI untuk mencapai cita cita kemerdekaan yang diproklamasikan berdasarkan Pancasila dan berlandaskan UUD 1945.

Pemerintah Kabupaten Karo  memperingati HUT LVRI dalam rangka perwujudan rasa hormat kepada para pahlawan bangsa, mengenang peristiwa sejarah bangsa Indonesia. Di samping itu, sebagai bentuk nyata menghargai jasa jasa para pahlawan serta meningkatkan semangat kepahlawanan, patriotisme dan rela berkorban dalam menggalang persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Hari Ulang Tahun LVRI 2018 ini mengambil thema “ Veteran bersama pemerintah dan masyarakat bertekad melestarikan jiwa dan semangat dan nilai nilai juang.”  Sedangkan, acara peringatan HUT LVRI ke 61 ini diawali dengan upacara ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe.

Bertindak sebagai inspektur dalam upacara tersebut Kasdim 0205/TK Mayor Daulat Marpaung, yang kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah HUT LVRI di Jambur Pemkab Karo. Di tengah kemeriahan acara ini dilakukan pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang yang didampingi oleh Unsur FKPD Kab Karo serta pemberian bingkisan kepada para LVRI Karo.

Ketua LVRI Kab Karo B. Tarigan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karo yang tetap mengingat para LVRI atas pelaksanaan acara Peringatan Hari Ulang Tahun LVRI Ke 61.

Hadir dalam acara tersebut Kajari Karo Gloria Sinuhaji, SH, MH, Kasdim 0205 Mayor Daulat Marpaung, Wakapolres Karo Kompol E. Situmorang, Anggota DPRD Karo Mansur Ginting, Sekda Kab Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba, MSi, para LVRI Kab Karo, pimpinan OPD dan para camat, organisasi kemasyarakatan/kepemudaan. (Daris)