Ilustrasi (Dok/Ist)

KFC Cycling Team Petik Pengalaman

JAKARTA (IndependensI.com) – Manajemen tim balap sepeda KFC Cycling Team Indonesia mengklaim banyak mendapatkan pengalaman berharga selama turun di Le Tour de Langkawi 2018 Malaysia yang berakhir Minggu (25/03/2018). Mereka mengaku bisa bersaing dengan tim kelas dunia.

“Ini untuk pertama kalinya KFC ikut tour HC. Jelas kami bangga dengan pembalap yang dikirim. Mereka bisa bersaing dengan pembalap Astana yang levelnya lebih tinggi,” kata salah satu manajemen KFC Cycling Team, Matnur seperti dikutip dari Antara. Sebagai satu-satunya wakil Indonesia di kejuaraan paling bergengsi di Asia Tenggara, KFC Cycling Team menurunkan pembalap terbaiknya yaitu Imam Arifin, Abdul Gani, Muhammad Abdurrahman, Agung Ali Sahbana, Selamat Juangga, dan Mahrus Ali. Agung Ali Sahbana bahkan mampu masuk sepuluh besar pembalap Asia. Begitu juga dengan Muhammad Abdurrahman yang juga mampu masuk sepuluh besar pengumpul poin King of Mountain (KOM) atau Raja Tanjakan. Selama balapan, pembalap berkaca mata itu mengumpulkan 11 poin.

Hasil ini sebenarnya belum sesuai target yaitu tiga besar untuk kategori tim. Meski demikian, balapan di Malaysia ini bisa dijadikan modal untuk menghadapi balapan internasional yang masuk kalender UCI terutama untuk Asia Tour 2018. Balapan bertajuk Le Tour de Langkawi 2018 ini menempuh jarak lebih dari 1.200 km yang terbagi dalam delapan etape. Balapan dengan kategori 2 HC telah tuntas dan mendapatkan juara baru yaitu Artem Ovechkin yang memperkuat tim tuan rumah Terengganu Cycling Team.

Untuk pembalap pemegang predikat Raja Tanjakan adalah Alvaro Duarte dari tim Forca Amskins Team. pembalap asal Columbia ini mampu mengumpulkan 43 poin atau lebih banyak tiga poin dibandingkan sang juara atau pemegang Kaus Kuning, Artem Ovechkin. Dengan pembalap dengan predikat Raja Sprint dipegang oleh Andrea Guardini dari tim Bardiani CSF dengan raihan 61 poin. pembalap asal Italia ini merupakan juara etape pertama dan terakhir kejuaraan yang diikuti oleh 22 tim yang diantaranya adalah tim Pro Tour seperti Astana Pro Team yang finis kedua untuk kategori tim.

Pada Le Tour de Langkawi 2018, selain dari tim KFC ada satu pembalap Indonesia yang memperkuat tim asal Malaysia yaitu Aiman Cahyadi. pembalap asal Bandung ini mampu mengantarkan timnya yaitu Team Sapura Cycling masuk lima besar untuk kategori tim.