Ilustrasi. (Dok/Ist)

Tim Liga 1 Bermain di Piala Indonesia

JAKARTA (IndependensI.com) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan, tim-tim Liga 1 akan berlaga sejak babak awal turnamen nasional Piala Indonesia 2018 yang rencananya diperkenalkan pada April 2018. Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono menyebutkan, keberadaan tim-tim Liga 1 di fase perdana Piala Indonesia akan meningkatkan euforia kompetisi dan memberikan kesempatan klub-klub kecil dari tingkatan liga lebih rendah untuk berkembang.

“Pertemuan tim Liga 1 dan tim Liga 3, misalnya, akan menjadi berkah bagi pengembangan sepak bola Liga 3 tersebut. Ini akan menjadi sensasi tersendiri dan warna baru di Piala Indonesia,” kata Joko seperti dikutip dari Antara, Kamis (12/04/2018).

Dia melanjutkan, demi mencapai tujuan itu, disepakati jika tim Liga 1 bertanding tim dari liga di bawahnya, laga akan digelar di stadion di klub yang berada di divisi lebih rendah. Namun, tetap ada standar tertentu untuk hal tersebut. “Syarat utamanya, stadion harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan,” ujar Joko.

Sementara terkait jadwal penyelenggaraan Piala Indonesia 2018 yang dipastikan berpeserta 128 klub dari Liga 1, Liga 2 dan Liga 3, Joko belum bisa memberikan kepastian. Dia mengatakan, pihaknya baru bisa menginformasikan pada 16 atau 17 April 2018. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan mengadakan pertemuan manajer peserta Piala Indonesia 2018.

Kemudian pada tanggal 17, 18 atau 19 April 2018, PSSI baru akan memperkenalkan Piala Indonesia 2018. Dan sebelum turnamen ini dilakukan, PSSI menyebut pihaknya masih terbuka untuk sponsor utama. “Jadi nama sponsor utama bisa menjadi pendamping nama Piala Indonesia 2018,” tutur Joko. Piala Indonesia 2018 merupakan Piala Indonesia pertama sejak terakhir digelar mulai tahun 2012. Kompetisi ini pertama kali digelar pada 2005 dengan juara edisi perdananya Arema Malang.