Apple Ikutan Bikin Ponsel Dual SIM

JAKARTA (IndependensI.com) – Sejauh ini hanya Apple yang masih bertahan dengan prinsip satu ponsel, satu nomor telepon. Padahal produsen lain sudah membuat ponsel dual SIM sejak beberapa tahun lalu, demi memenuhi permintaan konsumen.

Apple dikabarkan mulai menyerah dengan prinsipnya. Perusahaan teknologi asal AS itu disebut-sebut segera mengeluarkan iPhone yang bisa dipasangi dua SIM card itu pada pertengahan 2018.

Gosip tersebut berawal dari catatan KGI Securities kepada para investornya tentang rencana Apple mengeluarkan tiga model iPhone baru tahun ini. Dua model di antaranya disebut-sebut sudah dual SIM.

Ponsel yang dilengkapi dengan layar LCD berukuran 6,1 inch itu akan dijual dengan harga antara US$650 dan US$750. Untuk versi single SIM harganya lebih murah yaitu antara US$550 dan US$650.

Apple juga akan meluncurkan ponsel baru dengan layar OLED 6,5 inch dan spesifikasi lebih tinggi. Untuk model dengan layar OLED 5,8 inch kemungkinan hanya tersedia untuk single SIM.

iPhone dual SIM akan menempati segmen harga baru di antara ponsel buatan Apple. Ponsel dual SIM tidak begitu populer di Amerika Serikat tapi amat populer di pasar Amerika Latin, Eropa, dan Asia.

Jika Apple jadi meluncurkan iPhone dual SIM dan harganya tidak lebih dari US$650, angka penjualannya tahun ini pasti akan melesat. Terus naiknya harga smartphone dan kemampuan yang andal membuat orang lebih yakin bahwa mereka bisa menggunakan ponsel mahalnya untuk waktu yang lama.

Gosip tentang iPhone dual SIM sebenarnya sudah beredar sejak iPhone 7 pada 2016. Waktu itu sempat beredar gambar komponen yang diduga merupakan bingkai untuk menampung dua SIM card di iPhone. Apakah gosip serupa akan menjadi kenyataan tahun ini? Kita tunggu saja.