(Foto: Apple)

Fakta-Fakta Tentang iPhone yang Harus Anda Tahu

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Anda mungkin sudah mendengar kalau seri iPhone 14 Plus, iPhone seri 12, dan juga iPhone seri 13 tidak dibanderol bersama dengan unit charger dan juga earphone-nya. Namun demikian, fakta tersebut seolah tidak membuat para penggemar produk smartphone dari Apple ini mundur. Harus diakui bahwa branding yang sangat kuat dari Apple membuat para penggemarnya tetap loyal apapun yang terjadi.

Tidak hanya di Indonesia, bahkan di seluruh dunia Apple User seolah memiliki pride dan gengsi yang tinggi. Ponsel iPhone memang memiliki kualitas dan kenyamanan yang mudah diterima oleh para penggunanya. Anda tidak perlu heran jika harga second produk iPhone pun tetap tinggi.

Nah, sebelum membeli atau mengoleksi berbagai perangkat keluaran Apple agar kinerja anda tetap efektif, ada beberapa fakta yang sebaiknya anda ketahui. Simak fakta-fakta tersebut melalui penjelasan di bawah ini:

1.    Sejak iPhone Seri 12, Apple Konsisten Menjualnya Tanpa Charger

Raksasa teknologi dari Amerika yang satu ini mengejutkan para penggunanya saat iPhone seri 12 diluncurkan. Dalam box yang dijual, tidak ada charger maupun earphone di dalamnya. Perangkat-perangkat tersebut ternyata dijual secara terpisah. Ada apa sebenarnya?

Pengguna Iphone seri 12 terperangah ketika membuka kotak eksklusif tersebut karena di dalamnya hanya berisi 1 unit iPhone, buku panduan, kabel USB-C to Lightning serta selembar stiker Apple. Usut punya usut, pihak Apple menyatakan bahwa kebijakan tersebut diambil dalam rangka mengurangi emisi gas karbon.

Alasan ini terdengar cukup baik pada awalnya. Namun tahukah anda bahwa kebijakan meniadakan kepala charger dan juga earphone ini membuat Apple dapat menghemat biaya produksi hingga 3% dan mendapatkan keuntungan lebih hingga 1% dibanding sebelumnya?

Pengadilan Brazil bahkan menentang kebijakan Apple yang dirasa sangat merugikan konsumennya. Para konsumen yang membeli tidak dapat langsung menggunakannya dan terpaksa harus membeli kepala charger terlebih dahulu. Pengadilan bahkan percaya kalau Apple hanya ingin mendapatkan untung lebih banyak melalui pembelian charger.

Nah, di Indonesia sepertinya hal tersebut bukan masalah besar bukan? Konsumen tidak mengeluh dan tetap merasa bahwa membeli charger bukan hal yang merepotkan selama bisa menggunakan iPhone. Jadi, jika anda membeli iPhone 12 series atau keatas, pastikan ingat untuk membeli kepala charger dan juga earphone-nya.

2.    Logo Apple Awalnya Bukanlah Buah Apel

Saat ini anda dan jutaan orang lainnya di seluruh dunia mengenal Apple lewat logo buah apel yang sudah digigit. Tapi faktanya, saat pertama kali diluncurkan buah tersebut tidak menjadi logo. Lalu, apa atau siapa yang menggambarkan logo raksasa teknologi dunia yang memiliki branding sangat kuat ini?

Jawabannya adalah Sir Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon apel. Memang tidak menghilangkan unsur apel karena nama brand mereka adalah Apple. Orang yang merancang logo pertama Apple adalah Ronald Wayne yang merupakan salah satu pendirinya.

Steve Jobs yang juga salah satu pendiri Apple kemudian mengungkapkan bahwa logo yang dibuat oleh temannya itu kuno dan kurang menjual. Bahkan memiliki resiko tampak buram jika dicetak dalam skala kecil. Akhirnya, dengan bantuan seorang desainer grafis bernama Rob Janoff, terciptalah logo bergambar buah apel yang digigit sekarang ini.

3.    Produk Apple Menunjukkan Layar Pada Pukul 9:41

Apakah anda pernah memperhatikan detail-detail ini? Tidak banyak orang yang tahu dan menyadari kalau dalam setiap iklan produk Apple, layarnya akan menunjukkan waktu pukul 9:41. Hal ini ternyata memang sengaja dilakukan.

Sebelumnya, layar di berbagai perangkat Apple menunjukkan pukul 9:42. Itu adalah waktu saat Steve Jobs mengumumkan kemunculan iPhone untuk pertama kalinya pada seluruh dunia. Nah, sejak iPad yang dirilis pada tahun 2010, diubah menjadi 9:41.

Jika anda meragukan hal ini, coba deh cek sendiri di official store produk-produk Apple. Tapi, jika anda membelinya melalui marketplace seperti Blibli, anda mungkin tidak akan menyaksikannya. Namun tenang saja, yang penting adalah anda bisa memakai ponsel tersebut bukan?

4.    Apple Menjadi Perusahaan Yang Sangat Kaya

Kalau fakta yang satu rasanya sudah tidak mengerankan lagi. Anda dan semua orang tahu kalau berbagai perangkat Apple dijual dengan harga yang cukup mahal. Di Indonesia misalnya, untuk mendapatkan sebuah produk iPhone anda harus menyiapkan uang yang jumlahnya terentang antara 12 hingga 20 jutaan. Belum lagi kalau anda ingin membeli iPad atau Macbook yang harganya jelas lebih tinggi dibanding iPhone.

Forbes bahkan menyatakan bahwa ada saat-saat tertentu di mana Apple menjadi perusahaan yang nilai kekayaannya melebihi nilai kekayaan pemerintah Amerika Serikat.

Nah, itu dia fakta-fakta tentang Apple yang sebaiknya Anda tahu. Kini Anda bisa membelinya dengan mudah di Blibli. Anda tidak perlu khawatir karena Blibli hanya menjual barang yang dijamin original. Selain itu, pengirimannya juga aman sampai ke tujuan. Proses pembeliannya mudah pula. Yuk download aplikasi blibli sekarang juga!