foto istimewa

Eksportir SBW ke Cina Bertambah 9 Perusahaan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com)  – Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Banun Harpini menyampaikan bahwa perusahaan eksportir sarang burung walet Indonesia dengan tujuan Cina telah bertambah. “Lagi, 9 perusahaan baru sarang burung walet (SBW) Indonesia terdaftar di Cina,” kata Banun saat menerima lembar CNCA (Certification and accreditation Administration of the People’s Republic of China pada hari Senin (30/4) yang lalu.

Ke-9 perusahaan ini telah melalui proses penilaian atau audit oleh pemerintah Cina  pada 2 – 8 Desember 2017 yang lalu, jelas Agus Sunanto. Dengan terdaftarnya 9 perusahaan ini menyusul 8 perusahaan sebelumnya, sehingga total perusahaan yang terdaftar di Cina sebanyak 17 perusahaan.

Untuk mendapatkan persetujuan CNCA, diperlukan komitmen bersama agar persyaratan cina dapat dipenuhi. Banun juga menjelaskan bahwa jajarannya di Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani sejak tahun 2015 telah melakukan pembinaan pada perusahaan-perusahaan SBW Indonesia agar dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan pemerintah Cina. Persyaratan tersebut antara lain: pemanasan produk pada suhu 70°C minimal selama 3,5 detik, kadar nitrit tidak lebih dari 30 ppm dan jaminan ketelusuran sampai ke rumah walet.

Saat ini pasar Cina merupakan pasar strategis untuk SBW Indonesia, dimana dengan 8 perusahaan terdahulu, SBW Indonesia menguasai 70% market share SBW dibanding negara terdaftar lainnya yaitu Malaysia dan Thailand.  Namun dari perhitungan persentase, ekspor langsung ke China baru sekitar 5% dari ekspor SBW Indonesia ke seluruh dunia.  Dengan penambahan 9 perusahaan baru, Kementerian Pertanian optimis, bahwa persentase ekspor langsung ke Cina akan semakin besar dan sedikit demi sedikit menggeser pemasukan SBW melalui negara ketiga sehingga dapat memberi nilai tambah bagi pelaku usaha SBW di Indonesia.

One comment

  1. I am extremely impressed with your writing skills as well as with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Either way keep up the nice quality writing, it’s rare to see a great blog like this one these days..

Comments are closed.