Universitas Padjadjaran membuka Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi peserta didik yang secara geografis dan waktu yang ada tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran di kampus Unpad.  

Unpad Luncurkan Program Pembelajaran Jarak Jauh

JATINANGOR (IndependensI.com) –  Dalam upaya untuk memperluas layanan pembelajaran bagi masyarakat, Universitas Padjadjaran menghadirkan Learning in Virtual Environment (LIVE) Sebuah portal pembelajaran yang bukan hanya memfasilitasi pembelajaran regular mahasiswanya, namun menyediakan pembelajaran terbuka bagi masyarakat luas.

Bukan hanya itu, Universitas Padjadjaran tahun ini juga membuka Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi peserta didik yang secara geografis dan waktu yang ada tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran di kampus Unpad.

Program ini akan diluncurkan oleh Rektor Unpad Prof. Dr.med. Tri Hanggono Achmad, dr.  bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional , Rabu 2 Mei 2018 pukul 09.00 WIB di Excecutive Lounge Lt.2 Gedung Rektorat Unpad Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung.

Akan hadir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., para pejabat di lingkungan Kemenristekdikti, Rektor ITB, Unpad, UPI, ISBI, Unsil dan Unsika, pimpinan di lingkungan Kopertis IV  Jawa Barat serta  pimpinan di lingkungan Unpad

Peluncuran PJJ ini merupakan respon atas semakin banyaknya peminat dari masyarakat yang ingin mendapatkan pendidikan tinggi di Unpad. Sumberdaya pembelajaran berkualitas di Unpad didukung dengan semakin berkembangnya sumber daya dan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi di berbagai daerah di Indonesia, menjadikan PJJ usaha yang layak ditempuh untuk meningkatkan taraf pendidikan masyarakat.

Unpad ingin menjadi bagian dari best practice institusi pendidikan tinggi yang memberikan layanan PJJ bagi peserta didiknya.

Layanan PJJ Unpad ini merupakan pengembangan dari layanan e-Learning yang sudah lebih dahulu eksis di Unpad.

Layanan e-Learning di Unpad pada awalnya lebih diutamakan sebagai suplemen perkuliahan, sekarang ditingkatkan fungsionalisasinya untuk bisa melaksanakan perkuliahan secara distance learning.

Pengalaman pengelolaan e-Learning yang sebelumnya sudah lama berjalan, menjadi bekal penting untuk bisa melakasanakan program PJJ ini.

Pembukaan PJJ Unpad ditandai dengan diluncurkannya mata kuliah Jarak Jauh Program Magister Inovasi Regional. Program ini merupakan program multidisiplin yang meliputi aspek sosial, politik, ekonomi, dan ilmu pengetahuan alam dalam merumuskan kebijakan pengembangan daerah yang berkelanjutan.

PJJ dan semua layanan kegiatan pembelajaran daring Unpad dapat diakses di live.unpad.ac.id, portal yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang berkualitas, menarik, dan interaktif bagi penggunanya.