Pedagang Es dan Sayuran Tak Boleh Masuk ke Areal Perusahaan DL Sitorus

PEKANBARU (IndependensI.com) – Sejumlah mantan karyawan PT Torganda kini banyak menjadi petani sawit di Desa Punti Kayu, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu-Riau. Mereka rata-rata mengakui bahwa di perusahaan DL Sitorus, tidak boleh pedagang es dan penjual sayuran atau along-along masuk.

Seorang yang tak bersedia disebut namanya, membenarkan di perkebunan PT Torganda di Daludalu para pedagang tidak diizinkan masuk. “Kalau di perkebunan DL Sitorus Ayahnya Sihar itu tidak diizinkan para pedagang masuk untuk mencari rejeki setiap hari, kecuali hari pasar tertentu itu pun sekali dalam sebulan,” ujarnya.

Ditambahkannya, jikalau ditemukan ada pedagang maka akan ditangkap pihak keamanan internal (security) PT Torganda.

Hal senada juga diakui yang masih aktif karyawan di PT Torganda yang juga tidak bersedia disebut namanya, membenarkan bahwa perkebunan DL Sitorus sampai saat ini tidak mengizinkan pedagang masuk mencari rezeki. “Di perkebunan Pak DL sampai saat ini tidak diperbolehkan berdagang, jangan sebut namanya saya soalnya takut,” ujarnya.

Sementara itu IndependensI.com mencoba menghubungi Sihar Sitorus calon gubernur Sumatera Utara namun tidak ada jawaban lewat telepon selulernya. (Mangasa Situmorang)