Berry Angriawan/Hardianto. (Istimewa)

Berry/Hardianto Beri Kejutan

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda putra nonunggulan Berry Angriawan/Hardianto secara mengejutkan menang atas unggulan delapan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen 21-14 dan 21-12 dalam waktu 32 menit di ajang bergengsi berhadiah total US$ 1.250.000 Blibli Indonesia Open 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (05/07/2018). Pertemuan ini kali kedua menyusul sebelumnya di Denmark Open 2017, Berry/Hardianto harus menerima kekalahan dengan 8-21 dan 21-23.

“Dari semalam juga kita udah berkomunikasi, kalau kita besok maen harus siap capek, jadi mental kita sudah siap, dan sudah nothing to lose apapun hasilnya saja. Dilihat dari peringkat juga mereka diatas, jadi ya sudah kita main mencoba untuk menekan terus. Ya mungkin mereka juga belum berkembang di game pertama dan kalau game kedua mereka lumayan,” ujar Berry usai laga. “Waktu di Denmark Open malah kebalik kitanya yang tertekan gitu, gak bisa cari kekuatan menyerang buat mereka. Disitu juga kita belajar, dari awal kita harus udah fokus menyerang dulu, dan sebisa mungkin main rapih,” tambah Berry.

Pada babak perempat final besok, Jumat (6/7), Berry/Hardianto akan menantang wakil Taiwan, pasangan Liao Min Chun/Su Ching Heng. Rekor pertemuan keduanya imbang 1-1. Terakhir Berry/Hardianto harus menelan kekalahan pada Malaysia Masters 2018 dengan 21-18, 14-21, dan 20-22. “Sebelumnya pas ketemu sama mereka imbang-imbang terus, pernah menang pernah kalah, jadi ingin main maksimal saja di pertandingan,” pungkas Berry.

Selain Berry/Hardianto, dua wakil ganda putra Merah-Putih lainnya juga berhasil melaju ke perempat final. Yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto. Kevin/Marcus melaju lebih dulu, usai menundukkan wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, dengan 21-18 dan 21-12. Kemudian Fajar/Rian menyusul usai melewati pertarungan sengit kontra wakil Belanda, Jelle Maas/Robin Tabeling dengan 21-18, 19-21, dan 21-14.

Pada babak perempat final nanti, Kevin/Marcus akan berjumpa dengan unggulan lima dari Denmark, Mads Conrad Petersen/ Mads Pieler Kolding. Sedangkan Fajar/Rian akan mentang unggulan tiga asal Tiongkok, Liu Cheng/Zhang Nan.

Tunggal Terakhir

Sementara itu langkah pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto belum terbendung. Putra mantan juara dunia 1983 Icuk Sugiarto ini, sukses mengantongi kemenangan kedua dan melaju ke babak perempat final, usai menang dari unggulan enam asal Taiwan, Chou Tien Chen 21-13, 14-21 dan 21-18.

“Game pertama kondisi saya lebih enak karena lapangan menguntungkan bagi saya untuk mengontrol bola. Memang di lapangan pada saat game kedua susah untuk mengontrol angin. Chou bisa mengumpulkan poin banyak di awal game ketiga, tapi saya lebih sabar hingga akhirnya bisa menang di game penentu tersebut,” kata Tommy usai laga.

Ketika ditanya soal motivasi terbesarnya di pertandingan tadi, ini jawaban Tommy. “Motivasi saya memenangi laga tadi, sekarang saya kan ditanggung sponsor, jadi saya harus berikan yang terbaik untuk sponsor dan masuk top dunia lagi,” jelas Tommy. Dengan hasil ini, maka Indonesia berhasil mengirimkan delapan wakilnya ke babak perempat final yang berlangsung, Jumat (6/7). Pertandingan sendiri akan dimulai pada pukul 12.00 WIB.

Berikut seluruh wakil Indonesia yang lolos ke babak perempat final:

Tunggal Putra

Tommy Sugiarto (INA) vs Kento Momota (JPN)

Ganda Putra

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (1/INA) vs Mads Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding (5/DEN)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (INA) vs Liu Cheng/Zhang Nan (3/CHN)

Berry Angriawan/Hardianto (INA) vs Liao Min Chun/Su Ching Heng (TPE)

Ganda Putri

Greysia Polii/Apriyani Rahayu (7/INA) vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (2/JPN)

Ganda Campuran

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (1/INA) vs Zhang Nan/Li Yinhui (5/CHN)

Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto (INA) vs Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (INA)