Utusan Kedutaan Besar Polandia, Igor Kaczmarczyk (keempat kanan), berfoto dengan Manajer Marcomm Grand Galaxy Park, Wahyu Setiadi Nugroho (keempat kiri), dan anggota kelompok kesenian rakyat Jawor di Grand Galaxy Park, Bekasi, Rabu (8/8/2018).

Grand Galaxy Park Padukan Budaya Indonesia dan Polandia

JAKARTA (IndependensI.com) – dalam rangka menyambut peringatan 73 tahun proklamasi Republik Indonesia, kelompok nyanyi dan tari rakyat dari Jawor, Polandia, tampil di Grand Galaxy Park (GGP), Bekasi. Mereka membawakan sejumlah lagu rakyat dan tarian yang dinamis.

Penampilan mereka mendapatkan sambutan meriah dari pengunjung. sebelumnya, kelompok yang terdiri atas sekitar 20 orang ini sudah tampil di beberapa daerah di Indonesia.

Utusan Kedutaan Besar Polandia, Igor Kaczmarczyk, gembira bisa memperlihatkan seni dan budaya negaranya.

“Indonesia dan Polandia punya hubungan yang baik. Kebetulan, kedua negara punya warna bendera yang sama yaitu merah dan putih meski urutannya terbalik,” kata Kaczmarczyk dalam sambutannya pada pembukaan Selebrasi Merah Putih di GGP, Rabu (8/8/2018).

Jarak dua negara yang lebih dari 10.000 kilometer tidak menjadi penghalang hubungan erat Indonesia dan Polandia. Kedekatan itu terlihat melalui seringnya pertukaran misi seni dan budaya antara Indonesia dan Polandia.

Seniman Indonesia sering mengadakan pertunjukan di Polandia, dan sebaliknya seniman Polandia beberapa kali mengunjungi Nusantara.

Pertukaran budaya Indonesia dan Polandia terwujud berkat kerja sama GGP dan CIOFF (International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts).

“Selebrasi Merah Putih merupakan inisiatif bersama GGP, CIOFF Indonesia, dan Kedutaan Besar Polandia di Indonesia, serta banyak pihak terkait lain. Ajagn ini diharapkan bisa lebih mempererat hubungan kedua negara,” kata kepala seksi pemuda CIOFF Indonesia, Citra Natasya.

Selebrasi Merah Putih akan berlangsung hingga akhir Agustus. Beberapa acara akan digelar antara lain pameran poster seni Polandia, festival makanan Pasar Rasa 2018, serta pertunjukan Nikki Frazetta dan V1MAST.

“Selain acara tersebut, kami juga menggelar pameran alat musik asli dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa alat musik ada yang usianya sudah ratusan tahun. Pameran digelar di Main Atrium Grand Galaxy Park,” kata manajer marcomm pusat belanja itu, Wahyu Setiadi Nugroho.

Untuk meramaikan peringatan hari kemerdekaan, GGP mengadakan beberapa program belanja antara lain Independence Day Giveaway, Flix Movie Deals, dan Summer Sweetness. Khusus pada 17 Agustus 2018, pengunjung yang mengenakan pakaian merah putih akan menerima hadiah di booth SedayuOne tanpa harus membeli apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *