Sukses Asian Games Rekatkan Kebangsaan Indonesia

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Indonesia adalah negara dengan beragam suku, agama, ras, bahasa, dan lain sebagainya. Dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, berbagai keragaman itu melebur menjadi satu kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Begitu juga dengan Asia yang terdiri dari berbagai negara dengan  latar belakang agama, budaya, sosial ekonomi, yang berbeda-beda. Tapi berbagai keragaman baik itu melebur menjadi satu dalam Asian Games 2018. Dengan semboyan Energy of Asia, seluruh negara Asia yang berlaga di Asian Games 2018 saling berpacu untuk mengukir prestasi terbaik.

Hampir di setiap lomba terjadi persaingan keras. Namun di luar arena, semua mampu bersatu dalam satu semangat kebersamaan dan persatuan. Bahkan bagi masyarakat Indonesia, Asian Games 2018 menghadirkan satu suara yaitu Indonesia, saat mendukung para atlet Merah Putih berjuang di arena, sekaligus melupakan persaingan di arena politik jelang Pemilu dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Perhelatan Asian Games 2018 kembali merekatkan kebangsaan kita. Lihat saja masyarakat Indonesia di Senayan dan Jakabaring meneriakkan  yel yel Indonesia untuk mendukung perjuangan atlet Indonesia yang sedang berlaga,” ungkap Dr Sri Yunanto, staf ahli Menko Polhukam di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Dr Sri Yunanto

Menurutnya, kondisi itu sangat positif mengingat saat ini suhu politik di Indonesia tengah menghangat menjelang Pemilu dan Pilpres 2019. Ia berharap, Asian Games 2018 tidak hanya merekatkan kebangsaan masyarakat saat mendukung atlet saja, tetapi juga terjadi di luar arena.

Selain itu, sukses Asian Games 2018 ini menjadi bukti bahwa Indonesia adalah negara aman dan damai. Selain itu, sukses ini juga membuktikan pemerintah Indonesia dengan berbagai dinamikanya, mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik.

“Keberhasilan Indonesia dalam menyelnggarakan Asian Games 2018 ini dengan lancar menunjukkan kepada dunia bahwa pemerintah ini berjalan dengan efektif dan mampu menjalankan programnya dengan baik, lancar dan aman. Ini suatu prestasi yang membanggakan,” tutur Sri Yunanto.