Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay.(Ilustrasi) (Dok/Ist)

Ikhsan Terhenti di YOG 2018

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pebulutangkis muda Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay tak dapat melanjutkan kiprahnya di ajang Youth Olympic Games 2018 (YOG) di Buenos Aires, Argentina. Pada laga perempat final, Ikhsan takluk di tangan Lakshya Sen (India), dengan skor 17-21, 19-21, Kamis (11/10/2018).

Ikhsan mengaku tak bermain dalam penampilan terbaiknya. Pemain kelahiran Tomohon, 15 Januari 2000 ini mencoba untuk tampil lebih baik di game kedua. Namun kesalahan-kesalahan sendiri yang dilakukannya pada akhir game, membuatnya tak dapat memperpanjang permainan.

“Di game pertama saya main kurang tenang, di poin-poin akhir saya sering terburu-buru ingin mematikan lawan. Saya mencoba untuk main lebih tenang di game kedua, saya sempat unggul, tapi saat saya mencoba menyerang, serangan saya tidak tembus. Saya banyak membuat kesalahan di game kedua,” kata Ikhsan seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

“Kelebihan lawan adalah pukulan sambungannya cukup cepat, saat dia bergerak dari belakang lalu maju ke depan. Sedangkan dari saya, masih banyak yang harus diperbaiki, serangan, pertahanan serta ketenangan harus ditingkatkan lagi,” sebutnya. Kekecewaan tentunya dirasakan Ikhsan saat ia mesti kehilangan kesempatan untuk menyumbang medali bagi tim Indonesia.

“Kalau kecewa, sudah pasti kecewa, saat kalah, saya cuma bisa diam. Saya berpikir bahwa ini adalah tahun terakhir saya bermain di kelas junior dan saya tidak bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Semoga saya bisa mendapat hasil yang lebih baik di WJC (World Junior Championships)” tutur Ikhsan yang akan bertanding di WJC pada bulan depan di Toronto, Kanada.

Di YOG, Ikhsan juga bermain di nomor beregu yang anggota grupnya ditentukan oleh panitia penyelenggara YOG. Ikhsan mewakili tim Sigma dan bermain tunggal putra melawan Nguyen Nhat dari Irlandia, Ikhsan dikalahkan dengan skor 22-33. Sedangkan di nomor ganda putra, Ikhsan bermain bersama Cristian Savin dari Republik Moldova, mereka ditundukkan pasangan Nguyen Nhat/Kettiya Keoxay (Irlandia/Laos) dengan skor 47-55.

Ikhsan pun turun sebagai ganda kedua bersama Dennis Koppen (Belanda) dan juga mesti menelan kekalahan atas Christopher Grimley/Kettiya Keoxay (Inggris/Laos), dengan skor 106-110. Selain Ikhsan, Indonesia juga mengirim pemain putri Maharani Sekar Batari. Di nomor perorangan, ia terhenti di babak penyisihan grup C dari Goh Jin Wei (Malaysia), dengan skor 11-21, 15-21.

Pada pertandingan beregu, Maharani yang berada di grup Zeta, memetik kemenangan atas Madelaine Caren Akoumba Ze (Kamerun), dengan skor 22-12. Turun sebagai tunggal kedua, Maharani ditaklukkan Wang Zhiyi (Tiongkok), dengan skor 75-77. Tim Zeta lolos ke semifinal setelah mengalahkan tim Sigma dengan skor 110-106.