Suasana perhelatan Sepeda Nusantara di halaman Kantor Dinas Bupati Berau, Tanjung Redep, Minggu (11/11/2018). (Kemenpora)

Ciptakan Kendaraan Alternatif Ramah Lingkungan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Bupati Kabupaten Berau Kalimantan Timur, H.Muharram Spd.MM melepas peserta Sepeda Nusantara 2018 yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Bupati Berau, Tanjung Redep, Minggu (11/11/2018). Bendera start diserahterimakan dari Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kementerian Olahraga dan Pemuda (Kemenpora) dr. Bayu Rahadian Spkj kepada Bupati Berau yang langsung melepas 1500 peserta bersepeda.

“Saya berharap penyelenggaraan ini dapat diselenggarakan secara kontinyu setiap tahun. Sepeda adalah olahraga yang paling aman untuk semua kalangan dan biaya tidak terlalu besar. Memasyarakatkan sepeda adalah solusi alternatif untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan,” jelas Muharram seperti dikutip dari rilis Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Minggu (11/11/2018).

Pada kesempatan tersebut dr. Bayu Rahadian mewakili Menpora Imam Nahrawi sangat mengapresiasi penyelenggaraan di Kab. Berau. Menurutnya, masyarakat sangat antusias, lantaran Sepeda Nusantara adalah cara mudah dalam membudayakan cara hidup sehat. “Ini adalah titik ke-63 dari 70 titik penyelenggaraan Sepeda Nusantara yang diprogramkan Kemenpora dengan moto Ayo Olahraga. Saya sangat berkesan karena di titik ke 63 pejabat yang hadir sangat lengkap,” ujar dr. Bayu.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kab. Berau, M. Dakrie mengatakan, kegiatan Sepeda Nusantara sangat berkesan untuk masyarakat di Berau. Diharapkan kegiatan ini tahun depan dapat berlangsung kembali di Berau. ”Kami siap untuk menggelar mandiri,” jelas M. Dakrie.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Penyelenggara Sepeda Nusantara dr. I Nyoman Winata, menyambut antusias keinginan Kadispora Berau. ”Sekarang ini sudah ada 5 daerah yang mandiri menggelar kegiatan Sepeda Nusantara diantaranya Serang yang dihadiri Menteri Wiranto, Deli Serdang dihadiri Menkumham Yasonna Laoly, Bandung dihadiri Menhub Budi Karya Sumadi, Batam dan Solo dalam perencanaan,” papar pria yang akrab disapa dr. Nyoman itu. Untuk tahun depan, lanjutnya, Sepeda Nusantara akan tetap berlangsung dengan menambah menjadi 150 titik (daerah penyelenggara). Lantaran antusiasme masyarakat terus bertambah akan olahraga ini.

Sepeda Nusantara di Kab. Berau menempuh jarak kurang lebih 8 km itu finish di Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kolam Renang Kakaban, Bupati Berau H. Muharram juga ikut menggenjot sepedanya diikuti Ketua DPRD Kab. Berau, Anggota Komisi X DPR-RI, Kadispora serta pejabat Kab. Berau lainnya.