Presiden Joko Widodo menyalami para petenis Piala Davis Indonesia setelah meresmikan penggunaan Stadion Tenis Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2). (Istimewa)

Renovasi Stadion Tenis Sudah Maksimal

JAKARTA (IndependensI.com) – Proses renovasi stadion tenis Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sebagai persiapan menyambut Asian Games 2018, menghabiskan dana sekitar Rp92,8 miliar.

“Proses renovasi stadion tenis menghabiskan total anggaran Rp92,8 miliar dan dikerjakan oleh PT Brantas Abhipraya,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari Antara, Sabtu (3/2). Dana miliaran rupiah tersebut, digunakan untuk perbaikan stadion tenis luar ruangan, stadion dalam ruangan dan dua lapangan tanpa area penonton yang digunakan untuk latihan.

Hasil renovasi paling mencolok di area cabang olahraga tenis ini, pertama adalah bungkus stadion dalam ruangan yang berubah dari tahun 1993 dengan model yang kini futuristik, kedua jenis bangku yang berubah dari sebelumnya bangku panjang kini menjadi “single seat”. “Tapi karena ini merupakan bagian dari enam cagar budaya di GBK, kursi yang dulunya masih kami sisakan,” ujar Basuki.

Saat ini, kapasitas kursi stadion tenis dalam ruangan sebanyak 3.954 “single seat”. Sementara kapasitas kursi stadion tenis luar ruangan sebanyak 3.832 “single seat”. Renovasi selanjutnya, adalah menyangkut kualitas pencahayaan dan CCTV. Saat ini, lapangan dalam ruangan telah dilengkapi kursi “hardourt softbase”, sistem pencahayaan 1.500 lux, “scoring board” dan sistem AC “chiller watercool”. Sedangkan untuk stadion luar ruangan , selain penambahan kursi juga ditambah kapasitas “sound system” dan kamera CCTV.

Peresmian stadion tenis di GBK sendiri, merupakan peresmian ketujuh dari 14 arena yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo. Walau menjadi peresmian ketujuh, Basuki menyebut ke-14 arena tersebut telah rampung direnovasi. “Venue-venue GBK yang direnovasi, jumlahnya 14, sudah rampung semua, tinggal landscapingnya saja seperti taman dan jalan-jalannya,” ucap Basuki menambahkan.

Sementara yang akan diresmikan adalah lapangan basket 3-on-3, Stadion Madya, lapangan softball, lapangan baseball, lapangan rugby serta “training facility” di komplek GBK. Dua venue lainnya berada di kompleks Jakabaring Sport City Palembeng, yakni Danau Dayung dan “shooting range”.