Kemenhub menyerahkan 10 unit bus untuk Kota Batam yang diserahkan oleh Sesditjen Perhubungan Darat Cucu Mulyana

Kemenhub Serahkan 10 Bus Untuk Kota Batam

BATAM (Independensi.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Ditjen Perhubungan Darat menyerahkan bantuan 10 unit Bus Rapid Trans (BRT) pada Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Penandatangan Berita Acara Serah Terima Operasional (BASTO) yang digelar di Kantor Walikota Batam pada Jumat (4/1) ini, dilakukan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Cucu Mulyana mewakili Kemenhub.

“Masyarakat dapat menikmati dan memanfaatkan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat. Sekitar 45 bus sudah diberikan ke Kota Batam dari tahun-tahun sebelumnya. Dari evaluasi kami, bus bantuan kami digunakan dengan baik,” ujar Cucu yang dalam kesempatan tersebut menyerahkan 10 unit bus.

Cucu menambahkan, sudah menjadi komitmen pemerintah pusat, dan juga sebagai program rangkaian dari Sutri Nama dan Indobus. Dengan program dari Indobus yang salah satu kota percontohannya adalah Batam, maka nantinya operasional bus tidak boleh lagi mengalami kemacetan sehingga akan didesain khusus untuk memiliki jalan sendiri.

Harapannya nanti orang akan lebih banyak menggunakan BRT tersebut karena waktu tempuhnya terukur sehingga anak- anak sekolah tidak banyak lagi yang menggunakan sepeda motor, karena kota Batam sudah menyediakan angkutan umum yang aman dan nyaman.

Sutri Nama adalah Sustainable Urban Transport Programme Indonesia (SUTRI NAMA) dengan tujuan untuk mendukung kebijakan serta pengembangan transportasi perkotaan dan mitigasi emisi gas rumah kaca.

Sementara Indobus yaitu Indonesian Bus Rapid Transit Corridor Development Project untuk membantu kota percontohan dalam mengembangkan koridor BRT dan mendukung pengelolaan operasi BRT.

“Usaha yang dilakukan oleh Bapak Walikota (Batam) menunjukkan bahwa komitmen untuk transportasi yang luar biasa. Dengan adanya BRT pun saya dengar sudah mulai melibatkan peran serta pihak swasta, ini luar biasa. Semoga penyelenggaraan manajemen transportasi di Batam menuju manajemen yang modern dan ini akan kami (Kemenhub) kawal terus karena tidak akan berhenti di sini,” pungkas Cucu

Dalam acara ini hadir pula, Walikota Batam Muhammad Rudi serta Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto sebagai perwakilan dari Pemerintah Kota Batam.