Kemenhub lakukan kampanyw safety riding

Menhub Bersama Ojol Kampanyekan Safety Riding

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menggelar acara Safety Riding di Terminal Pulogebang dan Jakarta Garden City.

Acara yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi ini diadakan pada Minggu (6/1) bersama para pengemudi ojek online (ojol).

Kemenhub serius mengkampanyekan keselamatan berkendara. Karena masih banyak perilaku berlalu lintas dari masyarakat kita yang tidak berkeselamatan.

“Penyebab utamanya adalah berboncengan sepeda motor lebih dari 2 orang, tidak menggunakan helm, menggunakan handphone saat mengemudi dan tidak menggunakan sabuk keselamatan sehingga mengakibatkan kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang menimbulkan korban, baik luka-luka maupun meninggal dunia,” ujar Budi Setiyadi saat membahas mengenai kurangnya kesadaran masyarakat untuk berlalu lintas dengan selamat.

Selain itu, Dirjen Budi juga mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan jaket, sepatu, dan terutama helm saat berkendara dengan sepeda motor, meski dalam jarak dekat. Dengan menggunakan helm dengan benar dapat mengurangi 40% resiko kematian akibat kecelakaan.

Dalam kegiatan ini Menhub dan Dirjen Hubdat menggunakan sepeda motor dengan rute Terminal Pulogebang sampai AEON Mall Cakung Jakarta Garden City.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar di hari Sabtu (5/1) di kawasan Depok, Jawa Barat. Dan menindaklanjuti giat tersebut, Dirjen Budi menyempatkan diri berdiskusi dengan para pengemudi ojol yg hadir di AEON Jakarta Garden City terkait regulasi atau aturan yang sedang disusun untuk melindungi profesi mereka.

“Penekanan Menhub, aturan ini nantinya harus melindungi para pengemudi baik dari segi aspek keamanan juga aspek keselamatan,” papar Dirjen Budi. “Pastinya saya juga akan ajak beberapa aliansi pengemudi, meminta masukan, baiknya seperti apa,” tambahnya.

Acara safety riding ini dihadiri oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, Direktur Pembinaan Keselamatan Risal Wasal, Direktur Angkutan dan Multimoda Ahmad Yani, Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Budi Setiawan, pendiri Queen Riders Iim Fahima Jachja, dan juga beberapa komunitas driver angkutan online.