Monyet monyet ini banyak ditemui di sabana batu tulis, sebelum sabana 1. Gambar diambil 21 Desember 2018. Joell Prasttyo

Jangan Cari Perkara Sama ‘Preman’ Gunung Merbabu

MAGELANG (IndependensI.com) – Berhati hatilah jika sedang mendaki gunung Merbabu, selain kondisi cuaca yang mudah berubah ubah serta jalur yg lumayan ekstrem, waspada juga terhadap kehadiran binatang liar, seperti monyet monyet ini.
Para pendaki biasa menyebut mereka dengan sebutan preman. Biasanya mereka datang secara bergerombol menghadang langkah pendaki. Kehadiran mereka ini biasanya hanya untuk sekedar mencari makan.
Kadang mereka mencari sisa makanan para pendaki, dan yang perlu diingat jangan pernah memberi mereka makanan, biarlah mereka mencari kebutuhan perut mereka sendiri dengan cara mereka.
Monyet-monyet ini pun bisa dibilang berani menampakkan diri di hadapan pendaki. Jika kalian berpapasan dengan mereka, ada baiknya menghentikan  langkah sejenak atau mundur terlebih  dahulu, berikan  kesempatan kepada gerombolan ini untuk mencari makan.
Tujuan mendaki gunung jangan hanya menggapai puncak, akan tetapi berpikirlah bagaimana pulang dan berkumpul kembali bersama keluarga dengan selamat.
Salam rimba, salam hijau, salam lestari…
Sabana Batu Tulis, jalur Selo Gancik, Merbabu  Jawa Tengah 3.142 mdpl. (Joell Prasttyo)