Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat melakukan sidak ke kantor-kantor kelurahan. (humas)

Wali Kota Bekasi Minta Warga Bersabar Menunggu Bansos dari Pemprov dan Pusat

Loading

BEKASI (IndepensensI.com)- Guna memastikan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi covid-19, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, lakuka   inspeksi mendadak (sidak). Sidak dilakukan ke beberapa kantor kelurahan, diantaranya Kelurahan Jatiranggon Kecamatan Jatisampurna, Kelurahan Jatiasih Kecamatan Jatiasih,  dan Kelurahan Pekayon Jaya Kecamatan Bekasi Selatan.

Dalam pelayanan kepada masyatakat kata Rahmat, prosedur protokol kesehatan tetap diterapkan seperti pshycal distancing, menggunakan masker, masuk kedalam bilik disinfektan jika di kelurahan tersedia, dan mencuci tangan.

Aparatur kelurahan diminta  senantiasa dalam melayani, dengan berjaga di loket yang telah dibatasi dengan penutup dari plastik agar tidak terjadi tatap muka secara langsung. Ditambah menerangkan pelayanan secara online jika bisa dilakuka  di rumah saja.

“Pada pandemi ini, ASN dan Non ASN kita perdayakan kembali dengan tidak ada Work From Home (WFH), dengan lakukan sosialisasi kepada warga mengenai bahayanya virus Covid 19, ” kata Rahmat.

Ia menekankan kepada para petugas Pemantau dan Monitoring (Pamor) Wilayah, sebagai garda terdepan untuk melakukan sosialisasi PSBB.

Dalam  pendistribusian paket sembako dari  Pemerintah Kota Bekasi bagi warga yang  telah terdata di tiap RT, RW dan Kelurahan diluar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), agar  petugas Pamor  langsung ke rumah rumah warga.

“Jika sudah diberi sembako, ditempel stiker itu adalah sebagai tanda bahwa warga penerima paket sembako sudah memenuhi kriteria. Jika memang belum dapat dengan bantuan dari Pemerintah Kota Bekasi, ada data DTKS yang akan dikirkm via Kantor Pos ke warga  berupa bantuan sosial Provinsi Jawa Barat, dan kita juga sedang menunggu bantuan dari Pemerintah Pusat untuk warga harap bersabar,” ujarnya.

Di Kota Bekasi, terdapat sekitar 140.000 kepapa keluarga masyarakat yang akan mendapat bansos sembako. Dan saat ini, sudah sekitar 40.000 paket disalurkan. (jonder sihotang)