Humas Pengadilan Negeri Jaksel Achmad Guntur

PN Jaksel Janji Berikan Info Senin Setelah Ramai Berita Soal Terdakwa Narkoba Richard Mulyadi

JAKARTA (Independensi.com) – Ramainya pemberitaan menyangkut terdakwa kasus narkoba Richard Mulyadi cucu dari seorang konglomerat setelah foto-foto pernikahannya beredar di media sosial membuat pihak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan “kebanjiran” pertanyaan dari para wartawan.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Achmad Guntur saat dikonfirmasi Independensi.com, Sabtu (2/2/2019) mengakui banyak yang menanyakan apa terdakwa mendapatkan izin dari pihak pengadilan untuk beraktifitas di luar tempatnya di rehablitasi yaitu untuk menikah.

“Memang banyak yang tanya (wartawan–Red). Tapi saya belum punya datanya dan saya belum tanya kepada hakim yang bersangkutan (yang menyidangkan terdakwa Richard Muljadi–Red). Karena ini libur,” kata Guntur saat dihubungi kemarin.

Saat ditanya SOP bagi terdakwa yang menjadi tanggung-jawab pihak pengadilan seperti Richard Mulyadi yang melakukan kegiatan menikah di luar tempatnya direhablitasi, Guntur pun berjanji akan memberikan informasi pada hari Senin (4/2/2019). “Senin saya baru infokan ya. Sekarang saya lagi di tempat acara keluarga,” tuturnya.

Sehari sebelumnya Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Supardi saat dihubungi wartawan, Jumat (1/2/2019) mengakui dari pihak terdakwa Richard Mulyadi tidak ada yang meminta izin kepada pihaknya untuk keluar dari tempat rehablitasi untuk menikah.

Oleh karena itu pihak Kejari Jakarta Selatan tidak pernah mengeluarkan izin keluar ntuk terdakwa. “Jadi tidak ada izin dari kami,” tutur Supardi seraya menegaskan terdakwa tidak bisa sembarangan keluar dari tempatnya direhablitasi jika tanpa izin.

Disebutkannya dalam keadaan direhablitasi, terdakwa sama saja seperti orang yang sakit. Secara medis, dia mengakui, menjadi tanggung-jawab tempat yang merehablitasinya. “Tapi kalau dia mau keluar untuk kepentingan medis harus dapat izin dari kami selaku yang memiliki tanggungjawab yuridis,” tegas Supardi.

Seperti ramai diberitakan foto-foto pernikahan Richard Muljadi di sebuah Gereja beredar di media sosial. Dalam foto yang diunggah akun @lambe_turah terlihat foto Richard mengenakan jas dengan pasangannya tertulis, “Congratulations to the happy couple @richardmuljadi and @shalvynne”. (M Juhriyadi)