Presiden Joko Widodo Pukul Alat Musik Tongtong Puncak HPN 2019

SURABAYA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/2/2019). Peringatan HPN 2019 mengangkat tema “Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”.

Presiden Joko Widodo sempat lemparkan canda kepada Karni Ilyas dan tanyakan kondisi kaki Tri Rismaharini. Hal tersebut dilakukan saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Grand City, Kota Surabaya.

Presiden Joko Widodo (keempat kiri) memukul tongtong alat musik Madura membuka puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/2/2019).

“Sebenarnya saya berniat ingin bertanya kepada Karni Ilyas untuk menyebutkan 10 nama ikan. Belum tentu dia bisa jawab lho,” kata Presiden di ujung sambutannya yang sontak disambut gelak tawa hadirin, termasuk Karni Ilyas, tokoh senior pers Indonesia tersebut.

Ikhwal kelakar Presiden ini muncul setelah ia melontarkan pujian kepada media massa konvensional yang berhasil tetap mendapatkan kepercayaan masyarakat di tengah maraknya berita bohong atau hoaks di media sosial. Kemudian, Presiden berujar tadinya juga ingin memanggil beberapa orang untuk naik panggung dan membagikan sepeda.

Seperti yang pernah dilakukan di sejumlah acara, kata Presiden, sepeda diberikan kepada yang bisa menjawab beberapa pertanyaan ringan seperti menyebutkan nama-nama ikan. “Tapi, karena yang hadir di sini wartawan semua, pasti semua bisa jawab. Jadi saya putuskan tidak perlu ada membagikan sepeda di acara ini,” canda Presiden.

Sebelumnya, saat tiba di lokasi acara sekitar pukul 08.20 WIB, didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo, keduanya langsung disambut Gubernur Soekarwo beserta ibu Nina Soekarwo. Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga terlihat di barisan tamu.

“Bagaimana Bu, sudah baikan kakinya,” tanya Presiden kepada Risma yang diketahuinya sedang menjalani perawatan kesehatan karena cedera otot pada kaki.

Keramahan Presiden disambut dengan ungkapan syukur oleh Sang Walikota. “Alhamdulillah sudah mendingan,” jawab Risma.