Menteri Basuki Tinjau Proyek Terowongan Nanjung

BANDUNG (IndependensI.com) – Seusai menghadiri acara Citarum Expo Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki melakukan peninjauan ke proyek Terowongan Nanjung (Curug Jompong) di Desa Nanjung, Kabupaten Bandung usai menghadiri Citarum Expo, Selasa (19/2).

Proyek Pembangunan Terowongan Air Nanjung merupakan  salah satu proyek strategis nasional, yang berada di sekitar Curug Jompong, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung dan termasuk  di bawah pengelolaan BBWS Citarum.

Proyek ini mulai dikerjakan sejak April 2018 lalu dan direncakanan selesai pada akhir tahun 2019 mendatang  untuk pengerjaannya  dilakukan oleh KSO WIKA – Adhi Karya.

Pekerjaan 2 buah tunnel atau terowongan air masing-masing sepanjang 230 meter ini merupakan upaya BBWS Citarum untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di bantaran Sungai Citarum, dan meredam area sekitar Das Citarum.

Nantinya, setelah adanya terowongan ini, 600 meter persegi air per detik akan dialirkan sehingga dapat mengurangi resiko banjir di Kabupaten Bandung yang terletak di sekitar aliran Sungai Citarum

Menteri Basuki mengatakan pembangunan Terowongan Nanjung dilaksanakan untuk memperlancar aliran sungai Citarum di Curug Jompong, dan mengurangi lama dan luas genangan yang sering terjadi pada saat musim hujan di Kecamatan Dayeuh Kolot dan sekitarnya. Saat ini progres phisik penyelesaian proyek Terowongan Nanjung mencapai 30%.

Turut hadir mendampingi  Menteri  Basuki dalam kunjungan tersebut  Direktur Jenderal Sumber Daya Air Hari Suprayogi, Dirjen Cipta Karya Danis H. Sumadilaga,  Kepala BBWS Citarum Bob A. Lambogia dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.