Antusias masyarakat mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat Keterampilan Pelaut yang selenggarakan Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan

1.500 Orang Ikut Diklat Keterampilan Pelaut

Loading

BELAWAN (Independensi.com) – Sebanyak 1500 orang telah mendaftat sebagai peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) untuk Keterampilan Pelaut yang diselenggarakan oleh Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan bekerjasama dengan Balai Pendidikan Dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati.

Adapun 1500 orang peserta tersebut akan mengikuti berbagai macam program yang ditawarkan dalam DPM untuk Ketrampilan Pelaut tersebut yaitu program diklat Basic Safety Training (BST), Advance Fire Fighting (AFF), dan Security Awareness Training (SAT).

“DPM merupakan program Kementerian Perhubungan dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia khususnya bagi masyarakat pelayaran yang akan berprofesi sebagai pelaut,” ujar Sugeng Wibowo, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, di Medan Kamis (28/2).

Lebih lanjut, Sugeng mengatakan bahwa peserta DPM nantinya akan dibekali dasar-dasar keselamatan di laut, cara-cara memadamkan api bila terjadi kebakaran di kapal, maupun tindakan-tindakan untuk keamanan kapal.

Pelaksanaan DPM untuk Keterampilan Pelaut akan diikuti 1500 orang peserta yang terbagi ke dalam 2 (dua) gelombang yang akan diikuti masing-masing 750 orang di setiap gelombangnya.

Untuk gelombang I akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 4 Maret 2019 bertempat di Terminal Penumpang Bandar Deli – Pelindo I dengan jadwal 3 hari teori dan 1 hari praktek lapangan.
Sedangkan pelaksanaan gelombang II akan diselenggarakan pada tanggal 15 s.d. 18 Maret 2019.

Sugeng mengaku sangat terkejut dengan animo masyarakat yang luar biasa terhadap pelaksanaan DPM tersebut sehingga jumlah pendaftar diluar perkiraan.

“Pada awalnya, pendaftaran DPM untuk Keterampilan Pelaut akan diikuti oleh 1000 orang peserta, namun mengingat animo masyarakat yang tinggi maka jumlah peserta ditambah menjadi 1500 orang, dengan pelaksanaan menjadi 2 (dua) gelombang.” tutup Sugeng.

Sebagai informasi, pelaksanaan DPM untuk Keterampilan Pelaut Gelombang diawali dengan proses rekam medik, tes buta warna, dan pemberkasan yang dilaksanakan pada tanggal 27 s.d. 28 Februari 2019 oleh tim dari BP2IP Malahayati.